Warga Pasar Sentral Dominan Derita ISPA

0
91

TIMIKA, TimeX

Warga Timika yang bermukim sekitar kawasan Pasar Sentral Timika saat ini dominan mengidap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).  Berdasarkan data dari Puskesmas Pasar Sentral Timika tercatat kebanyakan pasien ISPA diderita kelompok Balita dan usia produktif.

“Pasien penyakit ISPA yang paling tinggi setiap bulannya.  Kebanyakan diderita Balita dan usia produktif yaitu usia rentang 20 sampai 40 tahun,” tutur Kepala Puskesmas Pasar Sentral Timika, Cornelis  Hurulean, AMK, saat ditemui  Timika eXpress di Kantor Distrik Mimika Baru, Rabu (7/10).

Dikatakan, tingginya penderita ISPA membuat pihak puskesmas gencar melakukan penyuluhan dan sosialisasi baik kepada pasien maupun masyarakat pada umumnya.  Misalnya, pada saat pasien datang ke puskesmas maka petugas selalu memberikan  arahan agar mereka dapat menjaga kesehatan diri dengan baik yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat serta memperhatikan sanitasi lingkungan.  Lanjutnya, selain ISPA penyakit muntaber, diare, dan malaria berada di urutan berikutnya.

“Petugas hanya bisa mengobati, tetapi masyarakat yang harus lebih memperhatikan pola hidup dan lingkungan mereka.  Kami imbau masyarakat untuk tidak mengonsumsi air yang belum matang, tidak membuang kotoran atau sampah di sembarang tempat, serta membiasakan mencuci tangan sebelum makan,” terangnya.  (a10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.