BNN Agendakan Periksa Urine Pegawai Pemkab Mimika

0
73
TIMIKA,TimeX Badan Narkotika Nasional Kabupaten Mimika mengagendakan untuk melakukan pemeriksaan urine
Karyawan Diana Shopping Center saat mengikuti sosialisasi narkoba beberapa waktu yang lalu.
TIMIKA,TimeX Badan Narkotika Nasional Kabupaten Mimika mengagendakan untuk melakukan pemeriksaan urine
Karyawan Diana Shopping Center saat mengikuti sosialisasi narkoba beberapa waktu yang lalu.

TIMIKA,TimeX
Badan Narkotika Nasional Kabupaten Mimika mengagendakan untuk melakukan pemeriksaan urine para pegawai di lingkungan Pemkab setempat.

Kepala BNNK Mimika Syarifudin di Timika, Senin, mengatakan pemeriksaan urine para pegawai di lingkungan Pemkab Mimika akan dilakukan tahun ini. BNNK Mimika masih menunggu realisasi anggaran dari Pemkab untuk dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Kami sudah ajukan proposal ke Bupati Mimika sejak beberapa bulan lalu. Namun sampai sekarang anggarannya belum cair karena masih terhambat di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD),” kata Syarifudin.

Ia menjelaskan, rencana pemeriksaan urine pegawai Pemkab Mimika itu telah mendapat persetujuan dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Hanya saja, proposal yang diajukan oleh BNNK Mimika hingga kini belum terealisasi karena biaya untuk kegiatan tersebut dinilai terlalu besar.

“Pak bupati sudah setuju, tapi BKAD nilai biaya yang diajukan terlalu besar. Makanya sampai sekarang dananya belum juga dicairkan,” ujarnya.

Dalam proposalnya, BNNK mengajukan usulan dana Rp600 juta untuk membiayai pemeriksaan urine kepada sekitar 5.000-an pegawai di lingkungan Pemkab Mimika.

“Dana yang kami ajukan sekitar Rp600 juta itu disesuaikan dengan jumlah pegawai yang akan diperiksa urinenya. Itu sudah termasuk biaya pengadaan peralatan dan lainnya,” jelasnya.

Sebelumnya, BNNK Mimika telah menggelar kegiatan pemeriksaan urine kepada para pejabat eselon II Pemkab Mimika beberapa waktu lalu.

Pascakegiatan itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta agar BNNK melakukan hal serupa kepada seluruh pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Pemkab Mimika.

Syarifudin mengatakan jajarannya siap untuk melakukan pemeriksaan urine pegawai Pemkab Mimika jika dana yang dibutuhkan segera dicairkan oleh BKAD setempat.

Ia menambahkan, proses pemeriksaan urine kepada sekitar 5.000 pegawai Pemkab Mimika tidak membutuhkan waktu lama. Dalam sehari, tim BNNK Mimika mampu menyelesaikan pemeriksaan urine kepada sekitar 100-200 orang. “Satu orang hanya butuh waktu lima sampai 10 menit,” ujarnya.

Sejak dibentuk pada sekitar 2015, BNNK Mimika sudah beberapa kali melakukan pemeriksaan urine seperti pelajar di sekolah-sekolah SLTA, prajurit TNI dan Polri serta karyawan perusahaan swasta di wilayah ini. Kegiatan itu dilakukan guna menekan kasus peredaran dan pemakaian narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). Apalagi Kota Timika menjadi salah satu daerah yang sangat rawan peredaran narkoba di Papua. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.