Pembukaan Rangkaian Kegiatan HUT PPNI ke-43 Meriah

0
338
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-43 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang jatuh pada 17 Maret mendatang, Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Mimika menggelar jalan sehat sebagai kegiatan awal.
JALAN SANTAI-Ratusan perawat yang diwadahi PPNI Mimika saat mengikuti jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT PPNI ke-43, Minggu (12/3). Foto: Antonius Djuma/TimeX
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-43 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang jatuh pada 17 Maret mendatang, Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Mimika menggelar jalan sehat sebagai kegiatan awal.
JALAN SANTAI-Ratusan perawat yang diwadahi PPNI Mimika saat mengikuti jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT PPNI ke-43, Minggu (12/3). Foto: Antonius Djuma/TimeX

Bangkit Bersama PPNI Tumbuhkan Pola Hidup Sehat

TIMIKA,TimeX

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-43 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang jatuh pada 17 Maret mendatang, Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Mimika menggelar jalan sehat sebagai kegiatan awal.

Kegiatan lainnya yang dipusatkan di Graha Eme Neme Yauware (ENY), Minggu (12/3) diantaranya demo enam langkah cara mencuci tangan sesuai standar World Health Organization (WHO) , lomba menari sambil memperagakan cara mencuci tangan yang benar serta lomba tarik tambang antar komisariat ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan berlangsung meriah.

Prosesi pelepasan balon ke udara secara bersama-sama dilakukan oleh Dewan Penasehat DPD PPNI Mimika, Ibrahim Iba, Direktur Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), dr.Bernadus Fredi Suharto juga  Ketua DPD PPNI Mimika, Samuel E.G. J Kermite, AMK dan Suster Lia, disambut tepuk tangan meriah dan ye-yel PPNI.

Selanjutnya, pelepasan peserta jalan santai oleh Ibrahim Iba ditandai dengan mengangkat bendera dimulai pukul 07.00 WIT dengan star awal dari Graha Eme Neme Yauware-Jalan Belibis-Jalan Yos Sudarso-Jalan Pendidikan-Jalan Budi Utomo dan kembali finis di Grana ENY.

Jalan santai serta dua kegiatan lomba lainnya yang diikuti ratusan perawat juga masyarakat umum mengusung tema HUT PPNI 2017, ‘Gerakan Perawat Mendukung Masyarakat Sehat’.

Puncak acaranya nanti akan digelar cuci tangan bersama yang melibatkan semua perawat di Mimika. Ini akan berlangsung secara nasional dalam rangka menorehkan sejarah PPNI meraih Rekor MURI.
Selain kegiatan puncak tersebut, sebelumnya juga akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah, lomba paduan suara (Mars PPNI) dan turnamen futsal.

Rangkaian awal sebelum puncak acara adalah bentuk aksi simpatik PPNI untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya pola hidup sehat dengan cara mencuci tangan yang benar.

Ketua DPD PPNI Mimika, Samuel E.G. J Kermite mengawali sambutannya sebelum jalan santai, mengatakan momentum ini hendaknya dijadikan kebangkitan bersama PPNI menumbuhkan pola hidup sehat mewujudkan Indonesia sehat dan kuat.

Dengan soliditas kebersamaan PPNI dalam lindungan Allah senantiasa memberi pelayanan kesehatan yang optimal dan memuaskan masyarakat.

“Yang lalu biarlah berlalu, tetapi yang sekarang mari terus maju membangun kebersamaan agar eksistensi perawat di Kabupaten Mimika berdampak kepada masyarakat melalui tugas pengabdian serta pelayanan yang tulus dan ikhlas,” ajak Samuel.

Melalui periode kepengurusannya 2017-2022 atau lima tahun ke depan, Kermite yang dipilih sebagai Ketua DPD PPNI Mimika pada Musda II PPNI Mimika Tanggal 27 Januari, menyatakan lima tahun ke depan akan menjadikan PPNI sebagai organisasi profesi yang handal dan terbaik dalam misi pelayanan bagi masyarakat dan induk organisasi.

“Untuk itu, saya mohon dukungan seluruh perawat di daerah agar cita-cita organisasi terwujud sesuai harapan kita bersama,” tandasnya.

Sementara itu, pada gelar demo enam langkah cara mencuci tangan sesuai standar World Health Organization (WHO) waktu itu dipimpin langsung oleh Ny. Agustina Paulina Gayatri, Ny. Regina Suli dan Hartati Singgalingging.

Menyusul lomba tarik tambang antar komisariat yang beranggotakan 10 orang, diikuti oleh Dewan Pengurus Komisariat (DPK) RSUD, RSMM, Dinkes, Puskesmas Timika dan Wania.

Lomba tersebut juga diikuti perawat dari Puskesmas Ayuka, Pasar Sentral dan Timika Jaya.

Dari gelar lomba tersebut, Komisariat RSUD keluar sebagai juara pertama, disusul Puskesmas Timika Jaya dan Komisariat RSMM di posisi ketiga.

Sedangkan lomba dance sembari memperagakan enam cara mencuci tangan, tim dewan juri, diantaranya Ny.Agustina Paulina Gayatri, Regina Suli dan Hartati Singgalingging memutuskan

perwakilan perawat dari RSMM sebagai juara pertama dengan perolehan nilai 3.205.

diposisi kedua ditempati RSUD dengan perolehan nilai 3.000 dan Puskesmas Ayuka di posisi ketiga dengan nilai 2.180.

sebagai juara harapan pertama adalah Puskesmas Wania dengan nilai 2.170, harapan dua Puskesmas Timika Jaya yang mengumpulkan poin 2.005 dan Puskesmas  Kota Timika dengan nilai 2000.

Dari penjelasan dewan juri, tim dance RSMM, RSUD dan Puskesmas Ayuka keluar sebagai juara karena memperagakan lima momen cara mencuci tangan dengan tepat sesuai standar organisasi kesehatan dunia.

Caranya adalah, tuangkan cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

Setelahnya usap dan gosok pula kedua punggung tangan secara bergantian, lalu gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.

Setelah itu bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci lantas gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

Selanjutnya letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan,” jelas ketiga dewan juri singkat.

Sedangkan Ketua Panitia HUT PPNI Mimika, Samson Manao disela-sela lomba kepada Timika eXpress  mengapresiasi keikutsertaan perawat di Mimika dalam memeriahkan dan menyukseskan HUT PPNI ke-43 tahun ini.

“Saya harap lewat momen ini semangat kebersamaan, soliditas terus tumbuh dan dipupuk demi kemajuan bersama,” harapnya.

Lebih lanjut katanya, dengan terpilihnya pengurus baru PPNI Mimika periode 2017-2022, diharapkan semua perawat di Mimika terdata secara baik sehingga mudah diakomodir.

Dengan demikian, segala urusan terkait hak-hak perawat yang diamanatkan undang-undang menyangkut legalitas, semisal pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR) terbantukan.

Sambung Samson, pada puncak HUT PPNI 17 Maret mendatang di Gedung Tongkonan di Jalan Samratulangi akan dilantik pula pengurus DPD PPNI Mimika periode 2017-2022. (tio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.