Puskesmas Jile Yale Hentikan Pelayanan

0
48
Foto: Tanto/TimeX TUTUP-Gedung Puskesmas Jile Yale ditutup sementara.

 

HP Petugas dan Uang Tertibusi

Dijarah Enam Pemuda Mabuk

Foto: Tanto/TimeX
TUTUP-Gedung Puskesmas Jile Yale ditutup sementara.

TIMIKA, TimeX

Aktivitas pelayanan medis di Puskesmas Jile Yale SP3 sudah dua hari ini dihentikan pascagangguan keamanan yang dilakukan 6 warga terhadap petugas Puskesmas setempat, sekira pukul 16.30 WIT, Sabtu (17/2).

Kepala Puskesmas Jile Yale, Elena Gwijangge kepada Timika eXpress, Selasa (20/2), mengatakan pelayanan kesehatan sementara dihentikan sembari menunggu petunjuk lanjut dari Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Karena sudah sering petugas medis diganggu oknum warga pemabuk, maka pelayanan kami hentikan sementara,” kata Elena saat ditemui di Kantor Dinkes Mimika, Selasa kemarin.

Untuk memastikan jalannya operasional Puskesmas tersebut, Elena menyatakan menunggu kepastian jaminan keamanan, baik dari Satpol PP, tripidis setempat, yaitu Kadistrik Kuala Kencana Polsek Kuala Kencana, Koramil Kuala Kencana, termasuk tokoh masyarakat.

“Kami sudah laporkan ke Dinkes dan diputuskan akan dilakukan rapat koordinasi lintas pemangku kepentingan dengan petugas Puskesmas Jile Yale. Kami tidak akan buka sebelum ada jaminan pengamanan, karena beberapa petugas Puskesmas masih trauma,” jelasnya.

Menurut Elena, petugasnya alami trauma karena aksi kriminalitas merupakan ang ketiga kalinya terjadi sejak Puskesmas ini berdiri.

Persoalan ini pun, lanjut Eelena akan ditindaklanjuti ke pimpinan daerah sehingga secepatnya ada solusi, khusus jaminan keamanan, sebab insiden pemerasan Sabtu lalu mengakibatkan ada petugas yang terluka akibat menghindar dalam kondisi ketakutan.

Elena menjelaskan, peristiwa Sabtu lalu menimpa petugas medis di Puskesmas Jile Yale yang melaksanakan tugas shift sore.

Saat itu mereka didatangi 6 orang warga dipengaruhi miniman keras (Miras) lantas mengancam petugas  puskesmas yang sedang bertugas dengan parang agar menyerahkan handphone (HP) dan uang.

Diliputi ketakutan, petugas medis berusaha kabur dengan meninggalkan tiga buah HP yang kemudian dibawa kabur ke enam pelaku.

Selain HP, keenam pelaku juga mengambil uang retribusai dari pelayanan Rp300 ribu yang disimpan dalam laci meja petugas.

Berdasarkan laporan dari penyidik Polsek Kuala Kencana, enam pelaku yang seorangnya telah ditangkap adalah warga sekitar yang juga sering datang berobat di Puskesmas Jile Yale.

“Dari satu orang yang ditangkap kami harap petugas Polsek Kuala Kencana bisa mengungkap lima pelaku lainnya ,” harap Elena.

Secara terpisah, Kadistrik Kuala Kencana, Evert Hindom mengatakan terkait insiden perampasan yang dilakukan oknum warga, ini sudah dikoordinasikan dengan pihak Puskesmas dan Kapolsek Kuala Kencana AKP Junan Plitomo.

“Dari koordinasi, kepada pihak Puskesmas diminta mengusulkan adanya pengamanan dengan menempatkan anggota Satpol PP, yang nantinya didukung dengan patroli dari aparat kepolisian setempat, sehingga pelayanan kesehatan di puskesmas bisa berjalan aman dan lancar,” tandasnya. (tan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.