Batas Penyusunan Laporan APBD Mimika 2018 Sebelum 15 Maret

0
49
Foto: Ricky/TimeX Yulianus Sasarari

“Pemeriksaan BPK kemarin itu merupakan pemeriksaan pendahuluan dan mereka sudah mendapati gambaran awal tentang proses pengelolaan APBD 2018 di Kabupaten Mimika”

Foto: Ricky/TimeX
Yulianus Sasarari

TIMIKA,TimeX

Yulianus Sasarari Kepala Inspektorat Kabupaten Mimika menegaskan batas penyiapan laporan pengelolaan APBD Mimika tahun 2018 harus sudah rampung sebelum 15 Maret mendatang. Hal ini setelah dilakukan pemeriksaan pendahuluan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Papua.

“Pemeriksaan BPK kemarin itu merupakan pemeriksaan pendahuluan dan mereka sudah mendapati gambaran awal tentang proses pengelolaan APBD 2018 di Kabupaten Mimika,” kata Yulius ketika ditemui Timika eXpress di Sentra Pemerintahan SP3, Kamis (7/2).

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika ini menjelaskan laporan yang akan disusun dari seluruh OPD berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan dan aset pemerintah. Laporan ini nantinya diserahkan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk disusun menjadi satu, sebelum diserahkan kepada BPK untuk melakukan pemeriksaan terinci pada Maret atau April mendatang.

“Laporan itu akan dilihat, baik aset dan pertanggungjawabannya dan pengelolaan administrasi. Dari gambaran ini dalam rangka pemeriksaan terinci,”  katanya.

Ia mengatakan setelah penyusunan laporan masing-masing OPD oleh BPKAD menjadi satu laporan pemerintah selanjutnya akan diserahkan ke pihak Inspektorat untuk diperiksa kembali sebelum mengeluarkan surat pernyataan sebagai syarat untuk diserahkan kepada BPK untuk dilakukan pemeriksaan terinci.

“Dengan dasar itu kami buat surat pernyataan untuk dibawa ke BPK untuk dilihat secara terperinci,” katanya.

Setelah BPK periksa katanya Bupati Mimika, ketua DPRD Mimika akan diundang untuk menerima hasil terkait laporan pemerintah yang merupakan rapor dari bupati terkait penyelenggaraan pemerintah selama tahun 2018. Dari situ baru mengetahui opini apa yang didapat.

Pemkab Mimika Optimis Raih WTP

Sehubungan dengan ini Sasarari optimis tahun ini Kabupaten Mimika kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kelima kalinya, seperti empat tahun lalu penyelenggaraan pemerintahan  Kabupaten Mimika yang mendapat predikat WTP.

“Harapan kami bisa dapat WTP lagi,” harapnya.

Dikatakan apabila mendapat WTP, pemerintah pusat akan mencairkan insentif bagi Pemkab Mimika.

“Sehingga insentif yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk kami itu bisa cair,” ungkapnya. (a32)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.