Banyak Anjing Ras Ilegal Masuk Timika

0
128
Foto: Dok./TimeX drh Sabelina Fitria

“Itulah yang sulit. Tapi kita memantau terus menerus walau pengawasan sudah kita lakukan dengan maksimal di bandara dan pelabuhan”

TIMIKA,TimeX

Saat ini begitu banyak anjing ras ilegal dari luar masuk di Kabupaten Mimika. Mencegah beredar virus rabies yang hingga kini belum ditemukan obatnya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak) Kabupaten Mimika terus melakukan antisipasi rabies dengan rutin meningkatkan pengawasan masuknya hewan peliharaan di pintu masuk Bandara Mozes Kilangin dan Pelabuhan Pomako

Foto: Dok./TimeX
drh Sabelina Fitria

“Walau di Timika ini rabies sudah bebas secara historis, bahkan SK Menteri Pertanian (Mentan) RI tentang Papua bebas rabies tetapi pihak Disnak dan Kesehatan Hewan masih perlu antisipasi rabies,” ujar drh Sabelina Fitriani Sekretaris Disnak dan Kesehatan Hewan Mimika saat ditemui Timika eXpress belum lama ini di Kantor Disnak.

Sudah beberapa tahun ini ujar Sabelina memang pihaknya terus berupaya mengambil langkah pencegahan masuknya anjing ras.

“Tetapi kita lihat sekarang ini sudah semakin banyak anjing ras ilegal masuk,” tutur Sabelin.

Banyak anjing ras ini ia menduga ada dua kemungkinan. Bisa saja lolos dibawah oleh pehobi bawa dari luar atau bisa juga pengembangbiakan di Timika.

Hasil kembangbiakan itu berasal dari anjing-anjing ras yang banyak ada di Timika yang sudah masuk secara ilegal.

“Itulah yang sulit. Tapi kita memantau terus menerus walau pengawasan sudah kita lakukan dengan maksimal di bandara dan pelabuhan,” tutur Sabelina.

Untuk mencegah ujarnya pihak Disnak tidak pernah memberikan ijin ada hewan-hewan ras dari luar masuk karena ada Perda Provinsi dimana Gubernur Papua telah keluarkan larangan membawa masuk hewan-hewan ke Papua khususnya di Timika.

“Apalagi kita di Timika ini sebagai sumber penyakit hewan menular karena pelabuhan kita yang cukup luas.  Kadang kita awasi di pelabuhan besar tapi mereka kasih  masuk di pelabuhan kecil. Persoalan ini membutuhkan perhatian dari instansi terkait untuk betul-betul memiliki hati untuk mencegah rabies,” ungkapnya. (san)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.