TNI-Polri Jamin Pengamanan Pleno Pemilu Tingkat Kabupaten

0
43
Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto saat memberikan keterangan pers terkait momen hari buruh 1 Mei besok.

TIMIKA, TimeX

Aparat gabungan TNI-Polri menjamin pengamanan pada rapat pleno Pemilu tingkat kabupaten yang akan digelar di Graha Eme Neme Yauware dan Hotel Serayu pada Selasa (30/4) besok.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto memastikan akan mengerahkan kekuatan penuh dengan sistem split pengamanan gabungan melibatkan anggota dan perwira pengendali TNI-Polri.

Kepada awak media usai tatap muka dan doa bersama pasca pelaksanaan Pemilu 2019 di Ball Room Hotel Cenderawasih 66, Senin (29/4), Kapolres memastikan kesiapan pleno tingkat kabupaten dari 14 distrik yang sudah menuntaskan pleno tingkat distrik, dijamin akan berjalan aman dan lancar.

“Karena 14 distrik sudah tuntaskan pleno, maka lanjut dengan pleno tingkat kabupaten, kami jamin pelaksanaannya. Sedangkan empat distrik tersisa juga tetap dikawal sampai pada pleno tingkat kabupaten.

“Jadi besok (hari ini-red) kita harapkan kalau tidak ada sanggahan, tanggapan dari saksi-saksi, maka bisa tuntas dari jadwal yang sudah ditentukan, apalagi Wakapolda Papua sudah tunrun langsung cek dan pastikan kondisi proses Pemilu di Mimika. Tentu kami harap dukungan dari masyarakat, agar proses Pemilu di Mimika tuntas dengan situasi kamtibmas tetap kondusif aman,” harapnya.

Pasalnya, setelah proses pleno rekapitulasi tingkat distrik dan kabupaten selesai, maka seluruh tahapan proses dikembalikan terpusat di Graha Eme Neme Yauware, mengingat lokasinya strategis dan jaminan keamanannya lebih tinggi.

“Gedung Eme Neme selain halaman pakirnya luas, kalau pun ada gangguan situasi kamtibmas, cukup mudah dicegah. Kalau ada mau lempar pun jaraknya cukup jauh. Intinya pengamanan Pemilu berlapis dengan kekuatan penuh Polri dan TNI bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi masyarakat” serunya.

Ia pun berharap kepada para Caleg maupun pendukung pada Pilpres 2019, jika kalah jangan sampai melakukan tindakan anarkis.

“Kami pastikan yang melakukan gerakan tambahan, apalagi aksi anarkis akan ditindak tegas,” tukasnya. (tan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.