Kadistrik Mimika Timur Irup HUT RI ke 74

0
55
Foto: Echi/Timex GEMBIRA - Marike H Warinussy Kepala Distrik Mimika Timur terlihat gembira foto bersama penggerek bendera usai upacara bendera HUT RI ke 74, Sabtu (17/8).
Foto: Echi/Timex
GEMBIRA – Marike H Warinussy Kepala Distrik Mimika Timur terlihat gembira foto bersama penggerek bendera usai upacara bendera HUT RI ke 74, Sabtu (17/8).

TIMIKA,TimeX

Marike H Warinussy Kepala Distrik Mimika Timur bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 pada Sabtu 17 Agustus 2019.

Upacara dimulai pukul 09.00 WIT di halaman Kantor Distrik Mimika Timur berlangsung penuh khikmad, meskipun halaman tempat upacara bendera digenangi air setelah hujan semalam.  Bahkan semangat itu tidak kendor di tengah upacara bendera diguyur hujan upacara tetap berlangsung.

Peserta upacara dari murid tingkat SD, SMU-SMK, aparat kampung, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, pemuda serta undangan maupun masyarakat umum lainnya.

Marike Warinussy dalam sambutan menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mimika atas usia 74 tahun RI.

“Apa yang dilakukan hari ini merupakan rasa syukur dan penghormatan  kita terhadap  para pejuang dan pahlawan yang telah berjuanag sekuat tenaga dengan mengorbankan harta benda bahkan jiwa raga untuk merebut dan mempertahankan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaannya,” katanya.

Ia menegaskan lewat tema SDM Unggul, Indonesia Maju, menjadikan  SDM kita sebagai fokus utama dalam pembangunan di Indonesia mengingat di daerah ini terjadi persaingan begitu sangat sengit antarnegara-negara dalam segala bidang, oleh karena itu negara dan pemerintah harus hadir dalam upaya memaksimalkan potensi SDM Indonesia yang memiliki daya saing global.

“Dengan semangat HUT RI, semangat nasionalisme dan patriotisme kepada tanah air tercinta, dengan membentuk kesadaran dan kesetiaan kita terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama untuk terus mempertahankan kemerdekaan dengan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif sehingga mampu mensejajarkan bangsa Indonesia dengan bangsa lain,” paparnya.

Menurutnya, sudah saatnya bangkit bersama berjuang untuk negeri ini, saat ini banyak persoalan dan tantangan yang dihadapi terlebih saat globalisasi. Era kebebasan yang dapat menjadikan jati diri kehilangan semangat ke Indonesiaan, rapuh karena perkembangan zaman dan jauh meninggalkan rasa nasionalisme.

Ia mengajak pererat persaudaraan karena potensi ada pada rasa persaudaraan sebagai saudara sebangsa dan setanah air tetap menjaga kearifan lokal juga nasional sebagai suatu bangsa dengan budaya yang luhur sehingga cita-cita kemerdekaan yang dikumandangkan 74 tahun lalu bisa terwujud.

Kesempatan itu Marike menyebutkan tahun depan Mimika dipercayakan sebagai tuan rumah berskala nasional yakini Pesparawi dan PON XX.

Untuk itu ia harapkan masyarakat turut mensukseskan kedua angenda tersebut.

Bupati katanya mengharapkan semua masyarakat menjaga persatuan dan  kesatuan agar pelaksanaan tersebut dapat berjalan lancar dan penuh kedamaian.

Usai upacara dilanjutkan penyerahan piala dan uang pembinaan bagi pemenang lomba seka kategori tingkat SD, SMA-SMK dan umum, lomba gerak jalan indah tingkat SD, SMA-SMK dan umum, lomba pidato tingkat staf Distrik Mimika Timur. Adanya pemotongan kue HUT RI ke 74 tahun. Acara ini dimeriahkan dengan tarian seka, zumba, seka bersama seluruh masyarakat Mimika Timur.

Hadiah

Sementara pada momen ini tiga pegawai honorer Distrik Mimika Timur mendapat hadiah khusus dari Kadistrik. Ketiganya mendapat hadiah atas prestasinya menjuarai lomba pidato antar staf distrik dengan tema berbeda. Juara satu mendapat hadiah tiket pergi pulang tujuan luar Papua, juara dua dan tiga mendapat emas.

“Saya berikan hadiah tiket pergi pulang ke daerah Jawa bagi juara satu, sedangkan juara dua dan tiga dapat emas,” ujar Kadistrik Mimika Timur Marike H Warinussy usai upacara.

Marike memberikan hadiah khusus darinya kepada ketiga stafnya beralasan selama dua setengah tahun bertugas sangat merasa terbantu dalam pelayanan kepada masyarakat di wilayah itu.

“Jadi hadiah ini sebagai kenang-kenagan ketika sewaktu-waktu saya tidak bertugas di sini lagi mereka akan selalu mengingat saya,” katanya.

Fransisca Tafre juara satu lomba pidato mengaku sangat bangga bisa mendapat tiket perjalanan gratis dari Kadistrik. Bahkan ia menyampaikan terima kasih kepada kadisrik yang selalu mensupport mereka untuk dapat mengembangkan diri bersama teman-teman yang lain. (a32)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.