Syukuran Kemenangan Omtob di Maluku Tenggara, Rombongan Disambut dengan Pasang Gelang Adat ‘Emas Kei’

0
54
Foto: Yosefina Dai Dore/TimeX IKON - Patung Woma El Lorngas yang ada di tengah Kampung Ohoi Faan, patung ini merupakan salah satu ikon Kampung Ohoi Faan.
Foto: Yosefina Dai Dore/TimeX
IKON – Patung Woma El Lorngas yang ada di tengah Kampung Ohoi Faan, patung ini merupakan salah satu ikon Kampung Ohoi Faan, Minggu (27/10).

LANGGUR,TimeX
Sedikitnya 300 warga Timika perwakilan berbagai suku dan profesi sekitar pukul 15.30 WIT, Minggu (27/10) tiba di Ohoi Faan, Langgur, Maluku Tenggara. Rombongan disambut dengan acara adat setempat, salah satunya adalah pemasangan gelang adat “emas Kei” oleh keluarga.
Kedatangan ratusan warga itu dalam rangka mengikuti prosesi syukuran pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mimika, Eltinus Omaleng SE, MM dan Johannes Rettob, S.Sos, MM.
Rombongan berangkat dari Timika menumpangi KM Tatamailau, Sabtu (26/10) sore yang dilepas Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob.
Menempuh pelayaran selama 21 jam di tengah arus laut yang tenang, akhirnya Minggu sore semua anggota rombongan tiba dengan selamat di Ohoi Faan, kampung leluhur John Rettob.
Pantauan Timika eXpress, rombongan menggunakan delapan unit mobil yang pulang pergi Pelabuhan Tual-Faan. Tiba di Faan sekitar pukul 16.30 WIT, rombongan dipersilahkan santap siang.
Selanjutnya penyambutan secara adat yang dilakukan Michael Kebubun selaku mituduan (pemegang adat) di Ohoi Faan.
Dalam bahasa adat Key, Michael meminta restu para leluhur agar menjaga tamu dari Timika selama di Faan.
“Semoga mereka tinggal di sini sehat walafiat dan tetap dijaga hingga pulang dengan selamat kembali ke Timika,” katanya.
Acara disusul penyematan gelang adat dari keluarga yang diwakili Wempi Rettob didampingi Engelbertus Rahaded kepada perwakilan pemerintah Kabupaten Mimika yang diterima Septinus Marandof, perwakilan tim pemenangan Omtob, Johan Ade Matulessy, perwakilan kerukunan yang diwakili Antonius Lado, perwakilan tim relawan, Agung Permana, perwakilan partai politik atas nama Daud Bunga, perwakilan tim hukum Anselmus Serat, mewakili tim media Stefanus Ambing, perwakilan suku Kamoro Thomas Mutaweyau dan terakhir perwakilan keluarga Geroge Rettob dan Maria Rettob.
Selanjutnya para anggota rombongan diantar ke rumah-rumah keluarga yang sudah ditentukan.
Sementara itu, sesuai agenda, John Rettob bersama istri dipastikan tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, besok Selasa sekitar pukul 10.00 WIT menggunakan pesawat Asian One Air milik Pemkab Mimika, dan akan diterima secara adat di kampung halamannya.
Berdasarkan agenda, syukuran akan dilaksanakan Rabu (30/10), dan akan dilanjutkan dengan resepsi, hingga selesai. (epy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.