Empat Ritual Adat Sambut Kedatangan John Rettob di Tual

0
66
Foto: Yosefina/TimeX DISAMBUT - John Rettob, Wakil Bupati Mimika bersama isteri Susi Rettob diterima secara adat di Kampung Waer Lilir, Selasa (29/10).

“Harapan kami juga ketika beliau pensiun kelak bisa kembali di kampung untuk membangun kampungnya sendiri”

Foto: Yosefina/TimeX
DISAMBUT – John Rettob, Wakil Bupati Mimika bersama isteri Susi Rettob diterima secara adat di Kampung Waer Lilir, Selasa (29/10).

Timika,TimeX
Kedatangan John Rettob, Wakil Bupati Mimika di Ohoi Fan Tual Kabupaten Maluku Tenggara, Selasa (29/10), disambut dengan empat ritual adat Suku Kei.
John Rettob bersama keluarga serta ratusan warga Mimika ke Tual, dalam rangka melaksanakan syukuran kemenangan dirinya sebagai Wakil Bupati Mimika mendampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang akan dilaksanakan pada hari ini, Rabu (30/10).
Ritual adat yang dilakukan dalam penyambutan kedatangan Wabup Mimika antara lain, tiba di Bandara Karel Satsuitubun Maluku Tenggara Wabup disambut oleh Bernadus Rettob, Sekda Kabupaten Maluku Tenggara yang ditandai pengalungan syal khas Kei.
Melewati Kampung (Ohoi) Wearlilir Wabup disambut oleh masyarakat dengan ritual adat Tai Teruman (Dia adat) selain itu juga mendapat pengalungan bunga pemberian uang dan emas.
Masih berada di Ohoi Wearlilir tepatnya Fuara Ohoi (pusat kampung) sebelum masuk dijemput oleh anak-anak dengan tarian adat. Setelah itu kembali disambut dengan ritual adat berikutnya yaitu Taiteruman dari sineri adat, selesai riatual adat Taiteruman, dilanjutkan dengan ritual adat minum air pusaka yang dipercaya untuk melindungi Wabup dalam menjalankan tugas.
Usai melakukan ritual adat di Ohoi Wearlilir Wabup dan istri melanjutkan perjalanan menuju Ohoi Fan. Tiba di perbatasan disambut oleh masyarakat Ohoi Fan dengan upacara adat yaitu doa adat dan tari-tarian. Setelah itu Wabup berziarah di makam Raja tertua Thadeus Renwarin dan dilanjutkan dengan berziarah ke makam para leluhur.
Ritual adat yang terakhir adalah ritual adat di pusat Ohoi Fan yaitu dengan melakukan doa adat yag dipimpin oleh Raja Fan Patris Renwarin. Setelah ritual doa kemudian dilanjutkan pemberian gelang mas adat sebagai tanda persaudaraan dan ditutup dengan doa pemberkatan yang dipimpi oleh Partir Paroki Ohoi Fan.
Sementara itu Sineri Adat (Kepala suku) Gusti Rettob mengatakan bahwa dalam penjemputan tersebut masyarakat sangat antusias dan penuh dengan kesenangan dalam menyambut Wakil Bupati Mimika selaku Putra Ohoi Fan. Masyarakat berharap Wabup menjalankan tugas dengan baik sebagai Wabup di Mimika.
“Harapan kami juga ketika beliau pensiun kelak bisa kembali di kampung untuk membangun kampungnya sendiri,” tuturnya.
Gusti menambahkan pihaknya mengucapkan terima kasih khususnya kepada rombongan dari Kabupaten Mimika yang sudah bersama-sama menyepatkan hadir pada syukuran Wabup Mimika.
“Kepada rombongan dari Timika berterimakasih atas kehadiran dan dukungannya kepada Wabup Mimika yang merupakan putra Kei,” ungkapnya. (epy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.