Venue Biliar dan Panjat Tebing Mulai Dikerjakan

0
109
FOTO: INDRI/TimeX DIBANGUN - Bupati Mimika saat melakukan peletakan batu pertama dengan menyekop campuran semen, sebagai tanda dimulainya pembangunan venue Biliar dan Panjat Tebing, di Jalan Poros SP 5, Kamis (31/10).

“Kalau venue panjat tebing ini tadinya kita anggarkan Rp10 miliar, tetapi kita hitung-hitung bukan segitu, tetapi Rp 23 miliar”

FOTO: INDRI/TimeX
DIBANGUN – Bupati Mimika saat melakukan peletakan batu pertama dengan menyekop campuran semen, sebagai tanda dimulainya pembangunan venue Biliar dan Panjat Tebing, di Jalan Poros SP 5, Kamis (31/10).

TIMIKA,TimeX
Menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Mimika (Pemkab) Mimika, terus mempersiapkan diri, salah satunya dengan membangun venue olahraga yang akan dilaksanakan di Timika.
Kamis (31/10) Eltinus Omaleng, Bupati Mimika, melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan dua venue untuk Cabang Olahraga (Cabor) biliar dan panjat tebing, di Jalan Poros SP 5, tepatnya di seberang KPG.
Peletakan batu pertama ini dihadari oleh sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Mimika, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta dari para pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika.
Dalam sambutannya, Eltinus Omaleng, yang juga Ketua Umum KONI Mimika mengatakan, untuk pembangunan venue biliar Pemda mengalokasikan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk tahap pertama dan tahap kedua direncanakan dialokasikan sekitar Rp20 miliar lagi. Dengan demikian total anggaran untuk venue ini mencapai Rp 30 miliar.
“Tadinya kita alokasikan langsung Rp 3 miliar, tapi karena waktu mepet jadi kita buat dua tahap,” ungkapnya.
Untuk diketahui, venue biliar ini dibangun di atas lahan 130×73 meter persegi dengan luas bangunan 42,5×50 meter persegi. Bangun ini memiliki tinggi pondasi 100 cm dan untuk struktur bangunan menggunakan rangka baja, sedangkan tribun terbuat dari beton bertulang K250.
Pembangunan venue biliar ini dikerjakan oleh PT Andika Surya Erasmitra Cabang Timika, sedangkan konsultan yakni PT Celebes Pratama Konsultan.
Rencananya luas bangunan untuk Cabor biliar ini diperkirakan dapat menampung kurang lebih 24 meja biliar.
Sementara itu, pembangunan venue panjat tebing direncanakan berdekatan dengan Mimika Sport Compleks (MSC).
“Kalau venue panjat tebing ini tadinya kita anggarkan Rp10 miliar, tetapi kita hitung-hitung bukan segitu, tetapi Rp 23 miliar,” jelas bupati.
Rencananya venue ini juga dibangun dua tahap dimana tahun ini akan dianggarkan Rp 2 miliar saja, selanjutnya di APBD Induk 2020 akan dilanjutkan dengan anggaran Rp 21 miliar.
“Keinginan saya agar pekerjaan ini bisa secepatnya diselesaikan, memang kita buat dua tahap tetapi bukan termasuk dalam pekerjaan multi years, pungkasnya. (a30)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.