Pemkab Kehilangan Pajak Mobil Rental

0
133
Foto: Indri/TimeX Siveria

“Pemkab rugi juga, jalan kalian gunakan, tetapi pajak lari ke tempat lain. Jadi kami harap kedepan mobil yang datang pemiliknya segera mungkin memproses administrasinya”

Foto: Indri/TimeX
Siveria

TIMIKA,TimeX
Pemerintah Kabupaten Mimika sejauh ini mengalami kehilangan sumber penerimaan pajak kendaraan dari mobil rental yang beroperasi di daerah ini. Banyak mobil rental yang tersebar di 15 pangkalan masih menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) luar Mimika.
Demikian disampaikan Siveria, Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Kamis (12/12).
Untuk menertibkan mobil-mobil ini, Siveria telah melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di lima belas lokasi pangkalan mobil rental. Dan rata-rata menemukan mobil berpelat nomor polisi luar Mimika. Para sopir berdalih, jika mobil dibeli secara kredit sehingga belum dapat diganti pelat.
“Kita sudah sidak, sekaligus berikan sosialisasi. Kita harap kesadaran dari para sopirnya. Mereka bilang nanti tunggu mobil lunas dulu baru bisa diganti pelatnya,” jelas Silveria.
Ia merasa ironis dengan banyaknya mobil berpelat luar beroperasi di Mimika. Tentu ini sangat merugikan Pemkab Mimika, karena fasilitas seperti jalan mereka pakai sementara pajak kendaraan tidak masuk ke Mimika melainkan ke daerah asal mobil tersebut dibeli.
“Pemkab rugi juga, jalan kalian gunakan, tetapi pajak lari ke tempat lain. Jadi kami harap kedepan mobil yang datang pemiliknya segera mungkin memproses administrasinya,” katanya.
Selain itu, ujarnya Dishub selalu rutin melakukan pengawasan soal uji kir kendaraan. Apalagi bagi kendaraan berpelat kuning, mobil angkutan umum atau mobil rental setiap enam bulan sekali wajib jalani uji kir untuk memastikan mobil ini layak beroperasi demi kenyamanan pengguna jasa.
“Itu juga kami tekankan agar tidak boleh lalai, apalagi kendaraan umum,” pungkasnya. (a30)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.