Dilantik jadi Ketua DPRD, Robby Omaleng: Utamakan Kerja Tim

0
122
FOTO: Ist/TimeX Robbi Kamaniel Omaleng, S.Ip, MA

“Jaringan dan struktur itu perlu dan tim juga harus jelas. Saling mengisi satu dengan yang lain itulah tim,” katanya.
Di dalam partai pun ia menjabat sebagai Ketua Harian Golkar Mimika hingga saat ini.
“Kita harus bisa mempercayai tim, sehingga semua bisa berjalan, begitu juga dalam tugas sebagai DPRD, kita harus menyadari bahwa dewan adalah kolektif kolegial, yakni keputusan bersama”

FOTO: Ist/TimeX
Robbi Kamaniel Omaleng, S.Ip, MA

TIMIKA,TimeX
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Robby Kamaniel Omaleng (Robby Omaleng) dari Partai Golkar, hari ini dilantik sebagai Ketua DPRD Mimika periode 2019-2024.
Pelantikan tersebut bersamaan dengan Alex Tsenawatme dari Fraksi Nasdem selaku Wakil Ketua I dan Johanis Felix Helianan dari Fraksi PDI Perjuangan sebagi Wakil Ketua II.
Pelantikan diagendakan berlangsung di ruang sidang DPRD Mimika, Rabu (26/2), oleh Ketua Pengadilan Negeri Timika, dihadiri oleh Eltinus Omaleng, Bupati Mimika, Johannes Rettob, Wakil Bupati Mimika, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Mimika serta para undangan.
Iwan Anwar, Ketua DPRD Mimika sementara mengungkapkan, sidang paripurna istimewa itu digelar setelah dikeluarkan Surat Keputusan Gubernur Papua Nomor 155/BO/TAHUN 2020 tentang peresmian pengangkatan Ketua DPRD Mimika periode 2019-2024.
“Acara pengucapan sumpah dan janji ini merupakan peristiwa bersejarah karena lebih cepat dibandingkan lima tahun sebelumnya,” kata politisi Partai Golkar ini.
Iwan Anwar menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Mimika maupun pemerintah kabupaten setempat atas dukungan kepada dirinya sebagai pimpinan sementara.
Usai pelantikan pimpinan DPRD Mimika maka seluruh kegiatan DPRD dapat berjalan sebagaimana mestinya, dan Alat Kelengkapan Dewan bisa ditetapkan dalam waktu tidak terlalu lama yang merupakan tanggung jawab pimpinan definitif.

Semua Berjalan Baik Kalau Kerja Tim
Sementara itu Robby Kamaniel Omaleng, S.IP, MA, dalam wawancara dengan Timika eXpress, Selasa (25/2) di Jalan Cenderawasih mengungkapkan menjadi Ketua DPRD tentunya memiliki beban moral tersendiri dalam mengemban amanah rakyat Mimika.
Pria kelahiran Aronanop 3 Juni 1984 ini memasuki periode kedua duduk sebagai wakil rakyat setelah sebelumnya diantar oleh partai yang sama pada periode 2014-2019.
Robby Omaleng mulai dikenal publik di Mimika setelah dirinya beralih dari karyawan PT Freeport Indonesia dan terjun ke dunia politik melalui Partai Golkar. Saat mencalonkan diri sebagai legislatif kala itu, pria yang selalu tampil sederhana ini pun langsung terpilih.
Anak dari pasangan Petrus Omaleng (alm) dan Elina Beanal (alm) ini selanjutnya, didapok sebagai ketua untuk sejumlah organisasi olehraga di Timika. Iapun kemudian lebih familiar melalui sejumlah organisasi seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dimana saat itu KNPI sedang memasuki masa transisi dan ia dipercaya sebagai ketua.

Namanya kemudian makin familiar melalui organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mimika, dipercayakan ia sebagai ketua. Belakangan ia kemudian juga aktif sebagai Manager Persatuan Sepak Bola Mimika (Persemi).
Dalam menjalankan sejumlah organisasi hingga sebagai anggota dewan menurutnya dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik, berkat kerja tim.
Dikatakan, apa yang bisa dibantu orang lain, maka itu harus dipercayakan agar bisa berjalan, sepanjang struktur dan timnya jelas.
“Jaringan dan struktur itu perlu dan tim juga harus jelas. Saling mengisi satu dengan yang lain itulah tim,” katanya.
Di dalam partai pun ia menjabat sebagai Ketua Harian Golkar Mimika hingga saat ini.
“Kita harus bisa mempercayai tim, sehingga semua bisa berjalan, begitu juga dalam tugas sebagai DPRD, kita harus menyadari bahwa dewan adalah kolektif kolegial, yakni keputusan bersama,” tutur suami dari Petronela Adelce Wamang ini.
Katanya, sampai di titik yang ada saat ini tidak lepas dari dukungan masyarakat Mimika, terutama keluarga. Karena sejak awal anak ke empat dari empat bersaudara ini memang sudah didukung penuh oleh keluarga. Mulai dari bangku Sekolah Dasar (SD) yang kala itu ia selesaikan di SD Inpres Kwamki Narama pada Tahun 1993, kemudian di SMP Negeri 4 Sentani kemudian SMA 4 Entrop pada Tahun 1999. Sepanjang menyelesaikan pendidikan itu, tidak terlepas dari dukungan keluarga baginya.
Aktif dalam organisasi bukanlah hal baru bagi pria yang hobby dunia olahraga ini. Pasalnya semasa kuliah di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Jogjakarta, ia sudah aktif dalam berbagai organisasi salah satunya adalah GMNI dimana dirinya sebagai salah satu pengurus, kemudian sebagai Wasek IMAPA Jogjakarta dan pendiri Organisasi Mahasiswa dan Pelajar Mimika se-Jawa-Bali serta beberapa organisasi lainnya.

Dalam menjalankan amanah sebagai wakil rakyat khususnya sebagai Ketua DPRD Mimika, baginya adalah sebuah tanggung jawab untuk bagaimana menjalankan tiga fungsi dewan, yaitu fungsi anggaran, legislasi dan pengawasan sehingga sejalan dengan kepentingan rakyat.
Kata dia, duduk sebagai legsilatif bukan berarti dewan harus membuat sesuatu yang berwujud, tetapi bagaimana mengontrol pemerintah sebagai ekskutor dalam menjalankan anggaran sehingga lebih berpihak kepada rakyat. Bekerjasama dengan pemerintah dalam menyusun sebuah kebijakan untuk kepentingan rakyat dan tetap menjaga wibawah DPRD.
Tentang hubungan pemerintah dengan DPRD seperti yang pernah terjadi pada periode sebelumnya, menurut dia, tidak perlu mengingat apa yang sudah berlalu, tetapi saat ini bagaimana dewan komitmen dalam menjalankan tiga fungsi utama, sehingga hubungan antara pemerintah dan DPRD sebagai representase dari rakyat berjalan dengan baik.
“Kita (dewan, red) bisa memberikan saran dan masukan yang berasal dari aspirasi rakyat kepada pemerintah sebagai eksekutor atau kuasa anggaran,” tambahnya.
Dan yang paling penting menurut dia, adalah bagaimana pemerintah mendukung dewan dalam menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, terutama dalam menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sekretariat DPRD Mimika, yang mampu mendukung kerja dan tugas DPRD Mimika.
“Tapi itu kembali kepada pemerintah,” tukasnya. (Linda/Yosefina/Allo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.