Sambut Lomba MTQ, Ribuan Pelajar Meriahkan Pawai Ta’aruf

0
62
FOTO: ISTIMEWA PAWAI TA'ARUF - Ribuan pelajar ambil bagian dalam kegiatan pawai ta'aruf menyambut lomba MTQ ke X tingkat Kabupaten Mimika di Timika, Jumat (6/3).

“Pemenang lomba MTQ tingkat Kabupaten Mimika akan kami bina lagi selama kurang lebih tiga pekan oleh pelatih yang akan kami datangkan dari tingkat nasional sebelum diberangkatkan ke Jayapura untuk mengikuti lomba MTQ tingkat Provinsi Papua. Kami sangat mengapresiasi dengan besarnya dukungan dan partisipasi seluruh kafilah yang mewakili sekolah-sekolah, TPA-TPA, Majelis Taklim dan masjid-masjid yang ada di Kota Timika dan sekitarnya”

FOTO: ISTIMEWA/TimeX
PAWAI TA’ARUF – Ribuan pelajar ambil bagian dalam kegiatan pawai ta’aruf menyambut lomba MTQ ke X tingkat Kabupaten Mimika di Timika, Jumat (6/3).

TIMIKA, TimeX
Ribuan pelajar dari berbagai lembaga pendidikan Islam, Tempat Pembacaan Alquran (TPA) dan masjid-masjid di Kota Timika dan sekitarnya memeriahkan pawai ta’aruf, dalam rangka menyambut kegiatan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke X tingkat Kabupaten Mimika, Jumat (6/3).
Kegiatan pawai ta’aruf yang dilepas oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob bertempat di Lapangan eks Pasar Swadaya itu menyusuri jalan-jalan utama di Kota Timika dimulai dari Jalan Yos Sudarso, Jalan Pendidikan, Jalan Budi Utomo, Jalan Belibis, Jalan Ki Hajar Dewantoro dan berakhir di halaman Masjid Agung Babussalam Timika.
Pawai tersebut dimeriahkan juga dengan penampilan drum band dari salah satu sekolah.
Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika, Haji Dwi Cholifa menjelaskan kegiatan lomba MTQ akan berlangsung selama dua hari mulai Sabtu (7/3) hingga Minggu (8/3), untuk mencari peserta terbaik yang akan mewakili Mimika mengikuti ajang lomba MTQ tingkat Provinsi Papua di Jayapura pada 4 hingga 6 April 2020.
“Pemenang lomba MTQ tingkat Kabupaten Mimika akan kami bina lagi selama kurang lebih tiga pekan oleh pelatih yang akan kami datangkan dari tingkat nasional sebelum diberangkatkan ke Jayapura untuk mengikuti lomba MTQ tingkat Provinsi Papua. Kami sangat mengapresiasi dengan besarnya dukungan dan partisipasi seluruh kafilah yang mewakili sekolah-sekolah, TPA-TPA, Majelis Taklim dan masjid-masjid yang ada di Kota Timika dan sekitarnya,” jelas Dwi.
Dwi yang juga menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mimika itu menyebut terdapat lima cabang yang dilombakan dalam ajang lomba MTQ Mimika itu yakni, Cabang Tilawah yakni lomba mengaji dan membaca ayat suci Alqur’an (ada beberapa kelompok umur putra-putri dan tingkat dewasa), Cabang Syahril Alquran yakni puitisasi Alqur’an, Cabang Fahmil Alqur’an yakni cerdas cermat isi kandungan Alqur’an serta Cabang Kaligrafi.
Menurut dia, keterlibatan sekolah-sekolah, TPA dan masjid-masjid di Timika dalam mengikuti ajang lomba MTQ kali ini sangat luar biasa.
Panitia mencatat lebih dari 100 kafilah yang akan berlomba, meskipun telah dilakukan seleksi tahap pendahuluan.
“Dengan melihat antusiasme yang sangat tinggi dari anak-anak dan remaja di Timika, kami sangat optimistis ke depan akan semakin banyak lahir bibit-bibit potensial yang bagus dari Timika dalam bidang MTQ,” kata Dwi.
Menurutnya, kegiatan pawai ta’aruf ini juga sekaligus sebagai bentuk konsolidasi seluruh umat muslim di Mimika untuk mendukung penuh penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII Tanah Papua, dan PON XX Papua dimana Timika menjadi tuan rumah.
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika Ustadz Amin AR menyambut positif kegiatan pawai ta’aruf dalam rangka menyambut kegiatan lomba MTQ sebagai ajang silaturahmi antarkalifah.
Kegiatan lomba MTQ tingkat kabupaten Mimika tersebut akan dipusatkan di kompleks Masjid Agung Babussalam Timika.
Usia pawai dilakukan pembagian banyak doorprize kepada peserta pawai ta’aruf yang beruntunng. Semua peserta juga berkesempatan menikmati bubur kacang ijo yang telah disiapkan panitia.
Pantauan Timika eXpress turut hadir dalam kegiatan tersebut tokoh-tokoh agama Kristen yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika.
Malam harinya, bertempat di Masjid Agung Babussalam Timika dilakukan kegiatan pembukaan MTQ oleh John Rettob, Wakil Bupati Mimika. Acara itu dimeriahkan dengan penampilan qasidah dari ibu-ibu Majelis Taklim yang melantunkan syair-syair tentang toleransi antar umat beragama. (ant/epy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.