Jelang HUT ke -10, TimeX Berbagi Kasih dengan Petugas Kebersihan

0
64
Foto: Rina/TimeX PENYERAHAN - Marthen LL Moru selaku Direktur PT Timika Grafika eXpress saat menyerahkan bantuan sosial berupa Sembako kepada petugas sampah di Jalan Yos Sudarso, dalam rangka HUT 10 Tahun Timika eXpress, Sabtu (7/3).

“Kami senang dan berterima kasih dengan kehadiran TimeX. Karena, ini pertama kalinya dari media memberikan kami bantuan. Mudah-mudahan kegiatan baksos ini bisa berlanjut sehingga masyarakat lainnya bisa menikmati lagi dan semoga dengan adanya kegiatan ini juga pemerintah bisa lebih memperhatikan kami lagi”

Foto: Rina/TimeX
PENYERAHAN – Marthen LL Moru selaku Direktur PT Timika Grafika eXpress saat menyerahkan bantuan sosial berupa Sembako kepada petugas sampah di Jalan Yos Sudarso, dalam rangka HUT 10 Tahun Timika eXpress, Sabtu (7/3).

TIMIKA, TimeX
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-10, PT Timika Grafika eXpress penerbit Koran Harian Timika eXpress, yang jatuh pada tanggal 10 Mei 2020, karyawan Timika eXpress berbagi kasih dengan puluhan petugas pengangkut sampah dan becak di Mimika.
Dalam bakti sosial yang berlangsung Sabtu (7/3) ini, panitia memilih berbagi kasih dengan petugas kebersihan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan Kota Timika, serta bentuk dukungan moral terhadap para petugas kebersihan.
Kegiatan ini melibatkan seluruh karyawan TimeX, mulai dari pimpinan serta divisi lain seperti Redaksi, Bagian Iklan, Bagian Pemasaran hingga Bagian Percetakan.
Frumensius Heatubun, Ketua Panitia HUT TimeX mengatakan jika tahun-tahun sebelumnya bakti sosial dilaksanakan di sekolah-sekolah dan panti asuhan, tahun ini TimeX memilih petugas kebersihan dalam rangka mendukung pemerintah, mewujudkan Mimika bersih dari sampah.
“Kegiatan baksos ini dikemas dalam bentuk penyerahan donasi atau bantuan sembako kepada pengangkut sampah Kota Timika mengingat tugas mereka ini sangat penting sehingga perlu diperhatikan,” katanya.
Lanjutnya, petugas kebersihan adalah bagian utama dan terpenting dalam menciptakan Kota Timika yang indah dan bebas sampah, oleh karena itu sudah sepantasnya mendapat motivasi dan dukungan moral agar lebih bersemangat dalam menjalankan tugasnya.
“Jadi, kita memberikan semangat dan support kepada mereka agar mereka lebih semangat lagi dalam membersihkan Kota Timika, terutama menjelang Pesparawi dan PON,” ujarnya.
Secara teknis pemberian bantuan ini dilakukan dengan mendatangi langsung para petugas kebersihan di sejumlah titik Pembuangan Sampah Sementara (TPS) diantaranya Jalan Yos Sudarso dan Jalan Hasanuddin.
Panitia yang didampingi langsung Marthen LL Moru, Direktur PT Timika Grafika eXpress menyerahkan bantuan kepada petugas di sela-sela kegiatan mengangkut sampah. Turut hadir Mauritz Sadipun, Pemimpin Redaksi TimeX, Manager Pemasaran Andreas Pakeding, Yudith Daudo, Staf TimeX dan karyawan lainnya.
Sebanyak 30 paket sembako berupa beras, minyak goreng, mie instan, susu, gula dan lainnya, dibagikan dalam kesempatan tersebut.
Bantuan pertama diserahkan di Jalan Yos Sudarso, selanjutnya di Jalan Hasanuddin, kemudian juga menyasar para petugas sapu jalan.
Rinto Matubun, perwakilan petugas kebersihan kepada Timika eXpress mengaku sudah enam tahun bekerja sebagai pengangkut sampah.
Dirinya sangat antusias dengan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan Timika eXpress. Dirinya berharap, dengan usia yang sudah menginjak ke 10 tahun, Timika eXpress bisa semakin maju dan semakin sukses.
Ia juga berharap Timika eXpress membantu kebersihan Kota Timika melalui sosialisasi dan pemberitaan secara meluas kepada masyarakat pentingnya tertib dalam membuang sampah.
Lanjut Rinto, selama enam tahun terakhir bertugas kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Pemerintah telah menetapkan aturan untuk membuang sampah yakni mulai pukul 18.00 WIT sampai pukul 06.00 WIT. Namun, kenyataannya banyak yang lalai ditambah lagi volume sampah yang semakin meningkat.
“Kami harap, masyarakat bisa memahami dan bisa taat dalam membuang sampah. Dan adanya bantuan dari Timika eXpress, kami karyawan sampah berterima kasih karena sudah support pekerjaan kami,” ujarnya.
Sementara John Terianus Mas, petugas lainnya kepada Timika eXpress mengatakan, dalam melaksanakan tugas setiap hari pihaknya kerap menemukan sampah yang berserakan, yang tidak lain adalah ulah masyarakat yang tidak memiliki kesadaran.
“Baru saja kita angkut sampah dari TPS itu, tidak lama kemudian ada lagi. Ini berarti masyarakat memang belum paham aturan dalam membuang sampah,” ungkapnya.
Dengan kehadiran TimeX lanjutnya, memberikan semangat baginya dan rekan-rekan dalam menjalankan tugas.
“Semoga kehadiran Timika eXpress dapat membawa berkat bagi Timika,” ungkapnya.
Sedangkan Suryanti Mondi dan Fidelia, dua dari sejumlah petugas penyapu jalan yang ditemui di hari yang sama menyampaikan ucapan terimakasih kepada TimeX.
Dikatakan, menjadi petugas kebersihan memang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun ia berharap Mimika bisa benar-benar bersih dan bebas dari sampah.
Menurutnya, menjadi petugas kebersihan di jalan memiliki risiko yang cukup tinggi, mulai dari risiko keamanan, paparan matahari, hingga debu.
“Yang paling rawan itu kendaraan yang lewat, kadang-kadang tidak memperhatikan kami di jalan,” ungkapnya.
Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan terimakasih kepada TimeX. Ia berharap hal yang sama juga dilakukan oleh instansi lain.
Bukan hanya soal bantuan Sembako, tetapi bagaiamana instansi lain ikut mendukung mewujudkan Kota Timika yang bersih.
“Kami senang dan berterima kasih dengan kehadiran TimeX. Karena, ini pertama kalinya dari media memberikan kami bantuan. Mudah-mudahan kegiatan baksos ini bisa berlanjut sehingga masyarakat lainnya bisa menikmati lagi dan semoga dengan adanya kegiatan ini juga pemerintah bisa lebih memperhatikan kami lagi,” imbuhnya.
Usai melakukan kegiatan sosial, seluruh kru TimeX juga melaksanakan lomba Gaplek, sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT TimeX yang ke-10. (ozy/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.