Dinsos Mimika Catat 24 Ribu Warga Miskin

0
60
Foto : Echi/TimeX Petrus Yumte

“Saya sendiri menekankan pada dua suku yakni Amugme dan Kamoro untuk masuk dalam data base tersebut”

Foto : Echi/TimeX
Petrus Yumte

TIMIKA,TimeX
Secara nasional, Dinas Sosial saat ini sedang melakukan pembenahan basis data terpadu, yang diharapkan semua warga miskin terdata dengan baik di Kementerian Sosial. Mimika sendiri setidaknya sudah tercatat 24 ribu warga miskin penerima manfaat.
Petrus Yumte, Kepala Dinas Sosial Mimika, saat ditemui di Mile 32, Rabu(11/3) menyampaikan pembenahan basis data ini dilakukan mengingat sampai saat ini program Kementerian Sosial seperti BPJS dan lainnya masih bermasalah, karena data tidak valid.
“Untuk Timika Januari sudah tahap satu. Hingga Maret sudah tahap dua,” ujarnya.
Lanjutnya untuk pelaksanaan program ini diperkirakan sampai pada tahap empat. Mimika sendiri yang terdata sebanyak 24 ribu masyarakat penerima. Sementara kelompok penerima manfaat di 14 distrik harus diperbaiki.
“Saya sendiri menekankan pada dua suku yakni Amugme dan Kamoro untuk masuk dalam data base tersebut,” katanya.
Karena itu sejak satu sampai dua Minggu lalu, semua distrik di wilayah pegunungan seperti Tembagapura, Jila dan Hoeya dan lainnya diupayakan agar semua terdata.
Hal ini juga karena dukungan Disdukcapil, sehingga data masyarakat di 4 distrik wilayah pegunungan dan pesisir seperti Potowayburu dan lainnya bisa terdata seluruhnya, terutama distrik yang berbasis Amungme dan Kamoro.
Lanjutnya, verifikasi ini dilakukan setiap tahun dalam meng up date data, karena itu verifikasi ini bersifat dinamis.
Katanya, data ini terus berubah, karena ada manusia yang lahir, mati, pindah domisili juga secara ekonomi dari awal miskin kemudian mapan, ini akan merubah data secara otomatis.
Dinas Sosial selama ini lanjutnya, menggunakan data BPS 2009-2010 bersama instansi terkait seperti Disdukcapil. Sehingga saat ini lagi digodok secara nasional, dengan harapan data ini terintegrasi terutama pelayanan kepada masyarakat kategori tidak mampu atau miskin. (a32)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.