Maknai HUT PPNI ke 46, Perawat Tanam 100 Calliandra dan Aksi Pungut Sampah

0
86
foto: Antonius Djuma/TimeX TANAM - Jems K R Maay, Wakil Ketua I DPW PPNI Papua didampingi Godfried Maturbongs, Koordinator Umum Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan, Kesehatan Lingkungan (Kesling) dan Kebidanan tanam calliandra di median Jalan Cenderawasih dalam baksos, Jumat (13/3).

“Hebatnya kita (perawat) bukan ada di klinik dan rumah sakit. Perawat hebat bukan lulusannya mendapat predikat summa cum laude. Tetapi hebatnya kita salah satunya dalam wujud pengabdian pelayanan kepada rakyat Mimika”

foto: Anonius Djuma/TimeX
BAKSOS – Perawat dari DKP Puskesmas Timika mengikuti baksos penanaman pohon dan pungut sampah saat berada di Lapangan Timika Indah, Jumat (13/3).

TIMIKA,TimeX
Memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke 46 tahun pada 17 Maret mendatang, para perawat Kabupaten Mimika yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPNI Mimika melaksanakan bakti sosial (Baksos) menanam 100 pohon calliandra serta aksi pungut sampah di Jalan Cenderawasih, Jumat (13/3) sore. Sebelum tanam pohon calliandra serta aksi pungut sampah, ratusan perawat mengadakan acara pembukaan dengan titik kumpul di Lapangan Timika Indah.
Turut hadir Jems K R Maay, Wakil Ketua I Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPNI Papua, Samuel E Karmite, Ketua DPD PPNI Mimika bersama pengurusnya, AKP Viky Pandu Widhapermana, Kasat Lantas Polres Mimika dan jajarannya.
Selepas acara pembukaan dari Lapangan Timika Indah, para perawat berjalan menyusuri Jalan Budi Utomo menuju lampu merah Jalan Cenderawasih sambil membawa kantong plastik ukuran 60 cm x 100 cm dan memungut sampah-sampah plastik. Sepanjang perjalanan dan penanaman pohon mendapat pengawalan ketat dari Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Mimika.
Tiba di Jalan Cenderawasih secara simbolis dilakukan penanaman calliandra di median jalan oleh Godfried Maturbongs, Koordinator Umum Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan, Kesehatan Lingkungan (Kesling) dan Kebidanan menggantikan Kepala Dinas Kesehatan, Jems R K Maay, Wakil Ketua I DPW PPNI Mimika, Samuel E Karmite, Ketua DPD PPNI Mimika serta AKP Viky Pandu Widhapermana, Kasat Lantas. Selepas penanaman pohon dan aksi pungut sampah semua perawat kembali ke Lapangan Timika Indah untuk melanjutkan acara pelepasan balon dan pembagian doorprize. Pelepasan balon gas ke udara bersama spanduk HUT PPNI ke 46 ukuran kecil secara bersama-sama oleh Jems R K Maay, Samuel E Karmite dan para ketua Dewan Pengurus Komisariat (DPK).
Jems R K Maay dalam sambutan sekaligus membuka baksos tanam pohon dan pungut sampah menjelaskan bakti sosial tanam pohon dan pertemuan dirinya bersama para perawat di Mimika yang terjadi pada hari ini bukti rancangan Tuhan bukan sebuah kebetulan.

foto: Antonius Djuma/TimeX
TANAM – Jems K R Maay, Wakil Ketua I DPW PPNI Papua didampingi Godfried Maturbongs, Koordinator Umum Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan, Kesehatan Lingkungan (Kesling) dan Kebidanan tanam calliandra di median Jalan Cenderawasih dalam baksos, Jumat (13/3).

Secara nasional HUT PPNI ke 46 dilaksanakan serentak tanggal 17 Maret. Namun kegiatan menjelang HUT ini sudah dilaksanakan sejak satu atau dua bulan lalu.
Ia menyebutkan ada beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PPNI Mimika seperti penyuluhan stunting dan pengobatan gratis bagi masyarakat Mimika di dua tempat berbeda pada Sabtu (7/3), yakni di Kampung Karya Kencana, Distrik Kuala Kencana dan di Kampung Narani SP 1, Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, turnamen bola voli putra putri yang dibuka olehnya berlangsung di lapangan Kampus Prodi D3 Keperawatan, Kesling dan Kebidanan sudah berlangsung sejak Rabu (11/3) dan diadakan baksos hari ini.
Ia mengatakan tema HUT PPNI tahun ini ‘Perawat Hebat Rakyat Sehat. “Hebatnya kita (perawat) bukan ada di klinik dan rumah sakit. Perawat hebat bukan lulusannya mendapat predikat summa cum laude. Tetapi hebatnya kita salah satunya dalam wujud pengabdian pelayanan kepada rakyat Mimika,” tegasnya.
Perawat ujarnya, bagian dari mitra pemerintah. “Kita siapkan visi misi dukung program Pemkab Mimika. Mari singsingkan lengan baju untuk bersihkan Kota Timika, mari kita kerja bersama,” ajaknya.
Dalam memeriahkan HUT PPNI tahun ini, ujarnya, DPW Papua juga jalankan kegiatan yang sama, seperti seminar ilmiah dan siapkan upacara peringatan di Kota Jayapura.
“Terima kasih untuk partisipasi dan kerja sama yang baik Pemerintah Kabupaten Mimika dan semua pihak,” katanya.
Acara ini diakhiri dengan seka bersama serta pembagian doorprize menarik yang disediakan oleh panitia sebanyak 24 hadiah. (tio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.