Mimika Bebas COVID-19, Aktivitas KBM Tetap Berlangsung Seperti Biasa

0
64
Foto: Indri/TimeX ARAHAN – Para Kepala SD dan SMP di Kabupaten Mimika mendapat arahan dari Kepala Dinas Pendidikan Mimika bahwa Mimika bebas COVID-19 berlangsung di Kantor Dinas Pendidikan di Sentra Pendidikan, SP 5, Senin (16/3).

Bahwa pihak Dinkes telah melakukan pemantauan selama 14 hari, dan yang bersangkutan dinyatakan sehat. Tim Dinkes Mimika melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Biak di Timika telah melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap penumpang yang datang melalui bandara atau pelabuhan laut (kapal asing) sejak minggu ke-3 Januari 2020. Kesimpulannya bahwa sampai hari ini minggu ke 11 atau 15 Maret 2020 tidak ditemukan adanya penduduk Mimika yang diduga terinfeksi COVID-19.

Foto: Indri/TimeX
ARAHAN – Para Kepala SD dan SMP di Kabupaten Mimika mendapat arahan dari Kepala Dinas Pendidikan Mimika bahwa Mimika bebas COVID-19 berlangsung di Kantor Dinas Pendidikan di Sentra Pendidikan, SP 5, Senin (16/3).

TIMIKA,TimeX
Ratusan Kepala SD dan SMP di Kabupaten Mimika diarahkan untuk aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetap berlangsung seperti biasa meskipun adanya isu COVID-19 kini kian menakutkan.
Imbauan ini disampaikan oleh Jenni O Usmani, Kepala Dinas Pendidikan Dasar (Disdik) Kabupaten Mimika di hadapan para Kepala SD dan SMP berlangsung di Aula Sentra Pendidikan SP 5, Senin (16/3).
Menurutnya, mengacu pada pernyataan dari Dinas Kesehatan Mimika bahwa Mimika belum ada indikasi pasien COVID-19.
Kepada para kepala sekolah diminta agar dapat memberikan sosialisasi kepada para murid sehingga anak-anak tidak merasa kuatir dengan situasi beredarkan berita tentang COVID-19.
“Jadi saya akan minta semua sekolah agar menyediakan tempat cuci tangan, sehingga anak-anak setelah beraktifitas langsung cuci tangan,” ujarnya.
Mencegah COVID-19 ini menjadi tugas bersama bukan hanya dinas terkait saja, tetapi semua sekolah harus menerapkan cuci tangan dan bagaimana menerapkan pola hidup sehat. Imbauan libur 14 hari sebagai masa inkubasi tidak berlaku di Mimika, karena Mimika masih dalam keadaan aman.
“Karena Presiden sudah menyatakan bahwa ini adalah kasus luar biasa, maka kita bisa pakai dana BOPDA untuk pertanggungjawabkan hal itu. Kita bertanggungjawab bersama walaupun kita harus hutang duluan,” jelasnya.
Dikatakan, peran serta setiap wali kelas ini sangat berpengaruh agar guru perlu menjalin kerja tim tanpa dengan membagi tugas ke bawah dan atas kontrol kepala sekolah.
Ia menambahkan selain berdasarkan pernyataan Kepala Dinkes Mimika, Disdik Provinsi dan arahan gubernur bahwa belum ada indikasi COVID-19, dengan demikian Pemkab Mimika juga kerja sesuai SOP yang ada, lantaran kasus ini tidak ditangani secara nasional tapi masing-masing daerah. Selain hal itu, setiap kepala sekolah juga wajib menyampaikan arahan bagaimana mengenal virus corona dan cara pencegahan.
“Makanya saya mengharuskan di semua sekolah siapkan tempat cuci tangan itu,” katanya.
Dalam pertemuan itu, ia juga membacakan rilis dari Dinkes Mimika yang menyatakan bahwa tidak ada korban virus corona atau COVID-19 yang terjadi di Mimika.
Jenni menambahkan, Dinkes Mimika telah membantah kalau di RS Tembagapura atau Rumah Sakit Swasta di Timika saat ini sedang merawat pasien terinfeksi COVID-19.
Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) di Kabupaten Mimika hingga minggu ke 10 tahun 2020 tidak ditemukan pasien yang dicurigai COVID-19. Warga Mimika yang berasal dari China melalui Natuna dinyatakan tidak terinfeksi COVID-19.
Bahwa pihak Dinkes telah melakukan pemantauan selama 14 hari, dan yang bersangkutan dinyatakan sehat. Tim Dinkes Mimika melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Biak di Timika telah melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap penumpang yang datang melalui bandara atau pelabuhan laut (kapal asing) sejak minggu ke-3 Januari 2020. Kesimpulannya bahwa sampai hari ini minggu ke 11 atau 15 Maret 2020 tidak ditemukan adanya penduduk Mimika yang diduga terinfeksi COVID-19. (a30)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.