Empat Warga Masuk Daftar PDP Covid-19 di Timika

0
112

TIMIKA, TimeX

Sebanyak empat orang yang berada di Mimika, masuk daftar Pasien  Dalam Pengawasan (PDP) Coronavirus Disease (Covid-19).
Data covid-19 kabupaten Mimika, 28 Maret 2020.

Sebanyak empat orang yang berada di Mimika, masuk daftar Pasien  Dalam Pengawasan (PDP) Coronavirus Disease (Covid-19).

Dari empat PDP, satu orang laki-laki dan tiga lainnya perempuan.

Hal ini disampaikan Reynold Ubra, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes)

Sekaligus Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Mimika kepada Timika eXpress, Sabtu (28/3) malam.

Keempat orang PDP kini sedang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUDm sebagai rumah sakit rujukan penanganan pasien Covid-19.

Dari data Covid-19 Kabupaten Mimika yang dirilis Sabtu (28/3) hingga pukul 20:00 WIT, juga menerangan status sampel atau swab dari keempat pasien dalam pengawasan tersebut.

“Sampel dari keempat PDP akan diterbangkan ke Jakarta untuk diperiksa Balitbang Kemenkes, dimana hasilnya akan disampaikan secara berjenjang dari Kemenkes,  kemudian diteruskan ke Provinsi selanjutnya ke kabupaten. Jadi kita tinggal tunggu hasil lab,” jelas Reynold menambahkan hingg kini jumlah pasien positif Covi-19 yang meninggal masih nihil.

Adanya tambahan empat PDP di Timika, menambah daftar PDP Covid-19 di Papua maupun Indonesia.

Untuk Papua masih terdata 7 pasien positif Covid-19, dengan jumlah PDP 41 orang termasuk dari Timika.

Secara keseluruhan di Indonesia tercatat 1.155 pasien positif Covid-19, dengan tambahan 109  kasus pertanggal 28 Maret 2020.

Menyikapi penyebaran virus corona yang kian mewabah dalam beberapa pekan terakhir, Pemkab Mimika melalui Gugus Tugas Penanganan Virus Corona yang melibatkan semua unsur, secara periodik melakukan penyemprotan disinfektan, kegiatan sosialisasi kepada publik mengenai cara mencegah dan menghidari diri dari penularan virus corona.

Selain itu membatasi bahkan memastikan masyarakat Mimika mengisolasi diri menyikapi instruksi Bupati Mimika, tim gugus tugas juga mengawasi para pelaku usaha dalam aktivitas usahanya yang telah dibatasi waktu.

Terkait penanganan Covid-19 di Mimika, telah disiapkan lima Fasilitas Kesehatan (Faskes), yaitu Rumah Sakit Tembagapura yang dikelola AEA, Klinik Kuala Kencana, RS. Kasih Herlina, Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) milik YPMAK, dan RSUD Mimika yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan di Papua untuk tangani pasien Covid-19. (vis)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.