Kerugian Akibat Kebakaran Sejumlah Rumah di Koperapoka Rp1,5 Miliar

0
68

TIMIKA, TimeX

Salah satu unit rumah panggung terbakar dilalap si jago merah
TERBAKAR-Salah satu unit rumah panggung terbakar dilalap si jago merah

Musibah kebakaran sejumlah unit rumah di Jalan Bhayangkara Jalur 1, Kelurahan Koperapoka, Distrik Mimika Baru, tepatnya  di belakang Hotel Sawito 2, menelan kerugian hingga Rp1,5 miliar.

Namun, untuk memastikan sebab kebakaran, termsuk total kerugian akibat musibah yang  terjadi Kamis (9/4),  sementara dalam penyelidikan Kepolisian Sektor (Polsek) Mimika Baru.

Kompol Sarraju, Kapolsek Mimika Baru menjelaskan kebakaran yang terjadi sekira pukul 12.48 WIT itu  menghanguskan empat unit rumah, yakni satu unit rumah permanen, dua unit rumah kos knstruksi permanen dan satu unit rumah semi permanen.

“Kitabersyukur karena tidak ada korban jiwa dari musibah ini,” ungkap Sarraju kepada Timika eXpress usai olah TKP sesaat setelah kejadian.

Perwira melati satu mengatakan, dari keterangan warga yang dihimpun di lokasi kejadian, titik awal hingga terjadinya kobaran api pertama terlihat dari rumah kos permanen.

Saat melihat kejadian itu, warga langsung menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar).

sembari menunggu datangnya bantuan petugas Damkar, warga berusaha dengan peralatan seadanya memadamkan api yang terus membesar dan menjalar ke bangunan lain di sekitarnya.

Selain petugas Damkar,  Unit Satuan Lalu Lintas Polres Mimika juga diturunkan untuk membatu mengatur arus lalulintas di TKP yang sempat macet, karena banyaknya warga yang datang menyaksikan musibah tersebut.

“Karena banyaknya warga di sekitar TKP, sehingga menyulitkan petugas dan warga dalam memadamkan api. Api baru dapat dipadamakan secara total sekira pukul 15.40 WIT,,” tandasnya.

Sementara Piter Sahetapy, Komandan Regu Danru) Damkar saat ditemui di TKP, mengatakan kebakaran sementara diduga terjadi dari ledakan kompor.

Ia bersama timnya setelah mendapatkan informasi dari warga langsung bergerak menuju TKP dengan menurunkan enam mobil pemadam dengan kapasitas masing-masing 8000 ribu liter dua unit, lima ribu liter dua unit, 3000 liter satu unit dan 1000 liter satu unit.

Dalam musibah itu, menurut dia ada delapan bangunan yang ludes terbakar bahkan merambat ke tiga  unit bangunan lain belakangnya. (aro)

Penulis: Rina
Editor: Anton Juma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.