Reynold: Penyebaran Covid-19 Masih akan Berlangsung di Timika

0
158

TIMIKA, TimeX

Reynold: Penyebaran Covid-19 Masih akan Berlangsung di Timika.
Reynold Ubra, Jubir Covid-19 Kabupaten Mimika

Berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika, Kamis, (9/4), sebanyak 7 Orang Dalam Pemantaun (ODP) dinyatakan negatif Covid-19, dan telah dipulangkan.

Mereka adalah 6 ODP yang selama ini dikarantina di shelter (penampungan) milik Pemda Mimika dan 1 orang melakukan isolasi mandiri.

Meski demikian dari hasil tracing Tim Gugus Tugas di hari yang sama juga ditemukan 22 ODP baru. Di mana 7 orang merupakan hasil tracing, 5 temuan RSUD, 1 RSMM, 1 RS Kasih Herlina dan 5 oleh Puskesmas Timika. Sedangkan 3 orang lainnya status PDP berubah menjadi OPD.

Total ODP yang diisolasi sampai saat ini mengalami penurunan, dari sebelumnya 117 saat ini berjumlah 110 .
“Kalau di shelter sampai hari ini (Kamis,ref) total 12 ODP yang sudah dinyatakan sembuh,” ujar Jubir Gugua Tugas Covid-19 Mimika, Reynold Ubra.

Lanjutnya, selain ditemukan 20 ODP baru tim juga menemukan Orang Tanpa Gejala (OTG) baru sebanyak 46 orang. Jumlah ini terdiri dari hasil tracing contact sebanyak 43 orang, temuan RS Kasih Herlina 1 orang dan Puskesmas Timika 2 orang. Dengan demikian maka total OTG adalah 197.
Namun sudah dinyatakan sembuh 5 orang sehingga berkurang menjadi 192 orang.

Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga Kamis malam berjumlah 48 orang. 19 orang masih dirawat, 13 di RSUD, 1 RSMM dan 5 lainnya di RS Tembagapura. Sedangkan PDP yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 29 orang.

“Jumlah PDP baru adalah 1 orang. Temuan ini berasal dari tracing contact, saat ditemukan adalah ODP namun sesuai hasil pemeriksaan cepat atau Rapid Test dinyatakan positif sehingga status pasien dinaikan menjadi PDP dan sedang dirawat di RSUD Mimika,” terangnya.

Reynold Ubra menyimpulkan bahwa penyebaran Covid-19 masih akan berlangsung di Timika. Sehingga instruksi pemerintah agar stay at home, social distancing dan pola hidup sehat dengan mencuci tangan sesering mungkin perlu di lakukan dalam upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 ini.

Mengingat jumlah ODP terus meningkat dan hampir sama jumlahnya dengan OTG yakni ODP 110 dan OTG 192.
Ditambahkan, pasien meninggal hari ini (Kamis,red) tidak ada, sehingga diberharapkan ini menjadi harapan baik bahwa semakin baik pula penanganan pasien yang diberikan oleh petugas kesehatan di RSUD dan RS swasta lainya serta puskesmas-puskesmas.

Tim gugus tugas terus mencari tracing contack, ini merupakan upaya yang terus di lakukan pihaknya. Juga Shelter milik pemerintah daerah menjadi sangat efektif dalam upaya menekan jumlah angka kesakitan tapi juga mengontrol setiap orang yang ada dalam Shelter tersebut, ujarnya.(a32)

Penulis:Elsina Mnsen

Editor:Linda B Langi’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.