TNI-Polri Tembak Mati Dua Anggota KKB di Jalan Trans Nabire

0
178

Diduga Kuat Pelaku Penembakan Gedung Kantor Freeport Kuala Kencana

TIMIKA, TimeX

KUASAI-Pasukan gabungan TNI-Polri saat menguasai camp KKB di Jalan Trans Nabire. (Insert) Barang bukti yang diamankan dari KKB.

Aparat gabungan TNI-Polri menembak mati dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di salah satu camp Jalan  Trans Nabire, Kampung Djayanti, Distrik Iwaka, Kamis (9/4).

AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika, mengungkapkan bahwa dua anggota KKB tewas saat terjadi kontak tembak dengan aparat. Kami lakukan tindakan hukum tegas   dan terukur karena dua korban hendak menembak petugas,” tegas Kapolres Mimika kepada Timika eXpress, Kamis.

Selain itu, aparat gabungan juga berhasil mengamankan IS, satu anggota KKB.

Adapun beberapa anggota KKB lainnya kabur ke dalam hutan dengan meninggalnya barang bawaan, dan hanya membawa 4 pucuk senjata api,

Kapolres mengatakan, dari penegakan hukum terhadap KKB di Jalan Trans Nabire, mereka diduga kuat sebagai pelaku penembakan di ofiice building (OB) PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana pada 30 Maret lalu yang menewaskan seorang pekerja WNA asal Selandia Baru, dan mencederai enam karyawan WNI.

Aparat gabungan bergerak menuju camp yang menjadi lokasi persembunyian KKB itu pada Kamis petang sekitar pukul 05:30 WIT.

Dimana camp persembunyian KKB diketahui dari enam warga yang diamankan pada Rabu lalu saat razia di depan KOramil Kuala Kencana lantaran hendak memasok bahan makanan (bama) kepada KKB tersebut.

Berdasarkan hasil interogasi dari enam warga penyuplai bama, serta ditambah beberapa informasi yang diperoleh, tim kemudian menganalisis dugaan tempat persembunyian KKB setelah melancarkan penembakan di OB-1 Kuala Kencana Mimika.

Kapolres menambahkan, upaya penegakan hukum yang dilakukan aparat, lantaran KKB yang bersembunyi di camp Jalan Trans- Nabire, Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, pada itu sempat melakukan perlawanan sehingga terjadi kontak senjata dengan aparat.

“Kini aparat TNI/Polri sudah dapat memetakan lokasi-lokasi mereka serta jaringanya dan tetap akan melakukan tindakan tegas dengan melakukan pengejaran terhadap KKB yang telah melakukan tindakan melawan hokum,” tegasnya.

Usai menguasai lokasi serta camp KKB, aparat gabungan kemudian melakukan olah TKP  dan berhasil diamankan sejumlah barang bukti.

Diantaranya satu buah soft guun merek glock, satu pucuk senjata rakitan, 162 butir peluru, 10 buah selongsong peluru, 20 buah handphone (HP), dua buah Handy Talky (HT), tiga buah bendera corak bintang kejora, tiga buah kampak, tiga buah busur panah, 90 buah anak panah, 11 buah parang, tujuh buah senapan angin dan 11 potongan bagian senapan angin.

“Sampai saat ini, aparat gabungan TNI/Polri masih melakukan pengejaran terhadap KKB, dan untuk mencegah pasokan dukungan bama dan amunisi, akan ada peningkatan patroli dan razia terutama di jalur perlintasan KKB,”tandasnya. (aro)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.