TGTPP Covid-19 Mimika Tunggu Hasil Pemeriksaan 19 Sampel

0
113

Diprediksi Minggu Ini Pasien Positif Covid-19 Bertambah

TIMIKA, TimeX

Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Mimika masih menunggu hasil pemeirksaan 19 sampel yang sedang diperiksa di laboratorium. Ini termasuk 10 sampel Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baru yang baru dikirim ke Jayapura, Selasa kemarin.
Data Covid-19 Mimika Tanggal 14 April 2020

Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Mimika masih menunggu hasil pemeirksaan 19 sampel yang sedang diperiksa di laboratorium.

Ini termasuk 10 sampel Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baru yang baru dikirim ke Jayapura, Selasa kemarin.

19 sampel tentunya terkait Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan status kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif Covid-19 transmisi lokal dari empat klaster, yaitu Lembang, Jakarta, Makassar san Surabaya.

“Total sampel yang sudah dirujuk sejak awal sampai hari ini adalah 64, sisa 19 sampel masih menunggu hasil pemeriksaan,” ungkap Reynold Ubra, Jubir Covid-19 Kabupaten Mimika saat diwawancarai wartawan tadi malam.

Dari 19 sampel menunggu hasil pemeriksaan, tentu tidak menutup kemungkinan bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 di Mimika.

“Dari jumlah 19 pasien positif Covid-19 hingga hari ke-25, Selasa (14/4),  kami memprediksikan dalam minggu ini bakal terjadi penambahan 9 kasus positif  baru.

Yang mana pada tanggal 20 April mendatang, jumlah positif Covid-19 secara komulatif berkisar antara 28-29 kasus.

Prakiraan ini menurut Reynold mendasari hasil tracing mata rantai penularan.

Selain itu, prediksi ini guna mempersiapkan kebutuhan tenaga, ruangan serta tempat tidur dan fasilitas penunjang lain, seperti kebutuhan rapid test dan VTM (Virus Transport Medium) terkait pemeriksaan konfirmasi hasil lab di Jayapura.

Pasalnya, temuan kasus mulai  dari pasien positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga Orang Tanpa Gejala (OTG) di Mimika menunjukan tren peningkatan dan telah mencapai 500 kasus.

“Yang disayangkan, masih ada ODP dan OTG yang belum sepenuhnya sadar melakukan isolasi diri di rumah, mengingat keterbatasan daya tampung, baik di  rumah sakit maupun shelter (penampungan). Kondisi tidak semua OPD, PDP dan OTG dirawat di rumah sakit dan shelter, bisa meningkatkan jumlah kasus,” jelasnya.

Kata Reynold, daya tampung di shelter adalah 80 orang, dimana 1 kamar berkapasitas 4 orang, itu pun hanya tersedia 28 kamar.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut maka seleksi ketat terhadap PDP ringan sampai sedang harus diisolasi, begitupula dengan ODP sedangkan OTG yang bisanya lebih banyak 13 kali lebih banyak dari kasus,  ini perlu diawasi secara ketat saat melakukan isolasi mandiri selama 14 hari penuh,” ujarnya.

Adapun kasus yang terkonfirmasi pada Selasa (14/4), dilaporkan 1 orang PDP sehingga total PDP berjumlah 61 orang.

Dari 61 PDP. sebanyak 22 dirawat di rumah sakit, yaitu di RSUD Mimika 14 orang, RS Tembagapura 5 orang dan RSMM berjumlah 3 orang.

Sedangkan PDP yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 39 orang

Sementara, jumlah ODP hari ini yang dinyatakan sehat dan selesai pemantauan sebanyak 9 orang sehingga sebanyak 154 orang ODP pada hari ke-24 sampai tadi malam tersisa 145 orang

“Selain ODP yang dinyatakan sehat, pada hari ini sebanyak 16 orang OTG yang dinyatakan sehat dan selesai masa pemantauan. sehingga total OTG 213 orang. Pada hari ini (kemarin-red) sebanyak 38 orang OTG dinyatakah sehat dan selesai pemantauan

Sedangkan komulatif ODP yang sehat dan selesai masa pemantaua sebanyak 21 orang.

Hingga Selasa kemarin, ini dishelter jumlah yang diisolasi sebanyak 18 orang atau terjadi penambahan 3 orang baru. (vis)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.