Pemda Salurkan Stimulus Kepada Pelaku Usaha Mikro

0
223
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika merealisasikan penyalurkan bahan pokok untuk pelaku usaha mikro di beberapa titik pasar seperti Pasar Sentral , pasar SP 2, Pasar SP 3 dan SP 5. Sebanyak 2200 paket telah disalurkan dari total 3000 paket yang disiapkan.
Foto:Echie/TimeX BANTUAN-Eltinus Omaleng, Bupati Mimika (kanan), menyerahkan bantuan bahan pokok kepada pelaku usaha mikro Kamis (14/5). Tampak Ida Wahyuni (kiri) kepala Dinas Koperasi dan UKM Mimika.

TIMIKA, TimeX

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika merealisasikan penyalurkan bahan pokok untuk pelaku usaha mikro di beberapa titik pasar seperti Pasar Sentral , pasar SP 2, Pasar SP 3 dan SP 5. Sebanyak 2200 paket telah disalurkan dari total 3000 paket yang disiapkan.
Foto:Echie/TimeX
BANTUAN-Eltinus Omaleng, Bupati Mimika (kanan), menyerahkan bantuan bahan pokok kepada pelaku usaha mikro Kamis (14/5). Tampak Ida Wahyuni (kiri) kepala Dinas Koperasi dan UKM Mimika.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika merealisasikan penyalurkan bahan pokok untuk pelaku usaha mikro di beberapa titik pasar seperti  Pasar Sentral , pasar SP 2, Pasar SP 3 dan SP 5. Sebanyak 2200 paket telah disalurkan dari total 3000 paket yang disiapkan.

Penyaluran bantuan dilakukan Eltinus Omaleng, Bupati Mimika didampingi Robby Omaleng, Ketua DPRD Mimika, yang ditandai dengan pelepasan konvoi kendaraan pengangkut bahan makanan yang bertolak dari hotel Grand Mozza menuju Pasar Sentral, Kamis (14/5).

Sisanya akan diaslurkan ke pasar SP 2 dan SP 3 sementara SP 5 belum bisa terakomodir.

Selain menyerahkan Sembako, Bupati juga memberikan masker kepada 50 lebih pelaku usaha mikro terdampak covid.

Dalam arahannya bupati mengatakan, Pemkab Mimika berupaya keras melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan Covid-19 guna melindungi semua masyarakat hingga ke kampung-kampung dan berbagai persoalan keamanan sosial dan ekonomi.

Penyaluran sembako dan bantuan lainnya untuk penduduk miskin telah di lakukan di seluruh kampung dan distrik se Kabaputen mimika.

Penyaluran bahan pokok bagi usaha mikro terdampak Covid-19 di pasar bersumber  dari APBD Mimika dengan maksud mendukung keberlangsungan usaha bagi penjual sayur dan bahan makanan lainnya, untuk menyediakan bahan makanan bagi masyarakat mimika.

Ia juga berpesan agar para pelaku usaha mengedepankan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Lanjutnya, persoalan yang terjadi pada pelaku usaha mikro dan usaha kecil, sebagai imbas Covid 19, dengan adanya kebijakan presiden Jokowi Widodo untuk memberikan kelonggaran, relaksasi kredit bagi usaha mikro dan usaha kecil dan penundaan cicilan sampai 1 tahun dan penurunan bunga oleh perbankan maupun industri keuangan non bank.

Serta kebijakan pemerintah kabupaten Mimika melalui peraturan Bupati Mimika nomor 7 tahun 2020 memberikan insentif  pajak bagi pelaku UMKM di kabupaten mimika dengan pengurangan pajak hingga 50 persen. Serta kebijakan pemerintah kabupaten lainnya yaitu dengan membeli sayur hasil kebun mama-mama Papua telah di lakukan untuk memberikan pengganti penghasilan akibat dampak Covid-19 dan diharapkan kegiatan bertani dan berkebun untuk masyarakat di kampung- kampung dan distrik pedalaman terus  dilakukan guna mendukung ketahanan pangan di rumah tangganya masing-masing dan untuk ketersediaan pangan di Mimika.

Sementara itu, Ida Wahyuni, Kepala Dinas Koperasi dan UKM mengatakan, kepada koperasi dan UMK disalurkan  97 ton beras.

“Total 97 ton beras untuk koperasi dan UKM. Namun UKM sendiri kita siapkan 75 ton. Sudah termasuk bantuan yang akan di salurkan ke koperasi uang ada di distrik baik pesisir dan pegunungan,” ungkapnya. Diharapkan masyarakat membeli di koperasi sehingga murah.

Penulis  : Echi
Editor    : Linda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.