Dewan Sebut Masyarakat Belum Siap dengan New Normal

0
766
Foto: Echie Mnsen/TimeX Johanis Felix Helyanan

TIMIKA,TimeX

Tingkat kesadaran masyarakat dalam mematuhi pembatasan aktivitas yang ditentukan oleh pemerintah serta jumlah kasus COVID-19 yang terus meningkat di Kabupaten Mimika menunjukkan masyarakat belum siap dengan penerapan new normal, yang digadang-gadang mulai diberlakukan dalam waktu dekat.

Foto: Echie Mnsen/TimeX
Johanis Felix Helyanan

BACA JUGA : Klemen Tinal: Penerapan Normal Baru Harus Sesuai Kondisi Daerah

BACA JUGA : Dewan Pertanyakan Perhatian Pemkab kepada Mahasiswa di Luar Papua

“Kalau saya merasa new normal untuk masyarakat Mimika saat ini kita belum siap,” ungkap Johanis Felix Helyanan, Wakil Ketua II DPRD Mimika, saat monitoring di Jalan Cenderawasih SP 2, Jumat (29/5).

Dikatakan, perlu dievaluasi dulu, karena setelah monitoring hari ini (kemarin) Dewan akan undang tim gugus, menjelang akhir waktu PSDD pada 4 Juni mendatang, guna mengevaluasi apakah ini dilanjut atau sampai disitu.

“Kalau memang diterapkan new normal ini perlu dibahasa lebih lanjut dengan melihat
Kesadaran masyarakat seperti apa. Kita bilang begini begitu, begini begitu tapi kenyataannya kita masih kesana kemari,” tambahnya.

Dari pihak Dewan sendiri menilai perlu evaluasi lebih lanjut namun tergantung hasilnya nanti terutama pimpinan daerah dan masing-masing pihak dengan mempertimbangkan konsekuensinya nanti. Juga apakah ditunjang dengan pembiayaan yang cukup atau bagaimana jika PSDD diperpanjang.

Sementara itu Julian Salossa, Anggota Komisi C mengatakan pemberlakuan New Normal dikembalikan kepada kebijakan pemerintah dengan menggunakan protokol COVID-19.Terutama terkait pembelajaran di tingkat satuan pendidikan.

“Sekarang kan anak-anak sudah ikut kena, sehingga tidak efektif jika harus diterapkan new normal, namun jika memang diterapkan, maka fasilitas cuci tangan, jaga jarak, menggunakan masker dan jumlah siswa harus diperhatikan sesuai protokol COVID19.

Penulis : Echie Mnsen

Editor : Linda B Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.