Pemkab Butuh 30 Ribu Rak Telur untuk Warga

0
236
Foto: Dok/TimeX BANTUAN – Warga sementara turunkan telur dari atas mobil untuk dibagikan kepada warga Kamoro Jaya, Kamis (28/5).

TIMIKA,TimeX

Pemerintah Kabupaten Mimika saat ini membutuhkan 30 ribu rak telur dari para peternak ayam lokal untuk bantuan sosial (Bansos) yang akan diberikan kepada warga.

Foto: Dok/TimeX
BANTUAN – Warga sementara turunkan telur dari atas mobil untuk dibagikan kepada warga Kamoro Jaya, Kamis (28/5).

BACA JUGA : 5000 KK Warga Kamoro Jaya Terima Sembako

BACA JUGA : Mabes Polri Distribusikan 10 Ton Beras ke Warga

Demikian disampaikan Yosephin Sampelino, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak-Keswan) Kabupaten Mimika saat ditemui di posko tim penanganan dan pengendalian Covid-19 depan Diana Mall Jalan Hasanuddin, Jumat (29/5).

“Kalau sekaligus 30 rak diberikan, kasihan juga di pasaran. Karena peternak harus bisa memenuhi kebutuhan pasar, misalnya kebutuhan di setiap kios-kios, pasar juga hotel-hotel, guna mencegah tejadinya kekosongan. Jika demikian akan mempengaruhi harga telur di pasaran,” jelasnya.

Yosephin mengatakan setiap hari dapat dikumpulkan 1000 rak telur, sehingga dalam seminggu atau dua minggu kedepan sudah bisa terpenuhi untuk memenuhi kuota selanjutnya bisa diberikan kepada warga yang membutuhkan.

“Sejauh ini produksi telur kami berjalan nornal, tidak ada kendala. Harga telur di pasar pun normal berkisar Rp. 65-70 ribu per rak,” jelas Yosephin.

Ia juga mengatakan produksi telur setiap hari kurang lebih 9-10 ton.

“Kami juga sudah melarang peternak untuk menjual telur ke luar Mimika dan instruksi bupati sudah demikian,” katanya.

Bahkan pada pertemuan tim gugus katanya, Kapolres sudah secara tegas mengatakan jika akan ikut mengawasi hal ini.

“Jadi apabila ditemukan ada telur di bandara maka akan disita. Saya pikir kalau kebutuhan telur di sini banyak kenapa harus jual di luar? Penuhi di sini dulu baru di kabupaten lain,” pungkasnya.

Penulis : Indri

Editor : Anton Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.