Goodbye PSDD, Welcome Pre New Normal

0
575

TIMIKA,TimeX

Pemerintah Kabupaten Mimika resmi menerapkan Pra New Normal terhitung mulai hari ini, Jumat (5/6) hingga Kamis (18/6) mendatang. Ini menandakan penerapan Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD) telah berakhir Kamis (5/6) kemarin. Goodbye PSDD and Welcome to Pre New Normal (selamat tinggal PSDD dan selamat datang pra new normal).

Foto: Rina/TimeX
BERAKHIR – Penerapan PSDD yang berelangsung selama 14 hari berakhir kemarin, Kamis (4/6). Tampak petugas memeriksa kendaraan yang melintas diatas jam yang telah ditentukan pada hari terakhir PSDD.

BACA JUGA : Komunitas Ojek Tidak Setuju Larangan Bawa Penumpang

BACA JUGA : Emerald Hotel Siap Terapkan New Normal

BACA JUGA : Pelanggan Kecewa Pembatasan Pelayanan Telkomsel GraPARI Timika

Penerapan pra new normal ini diatur dalam kesepakatan bersama Nomor 443.1/386 tentang Pencegahan, Pengendalian dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang ditandatangani Pemda, DPRD, Forkompimda dan pihak Freeport Indonesia, di Hotel Grand Mozza, Kamis (4/6).

Penerapan pra new normal akan kembali dikaji setelah 18 Juni apakah diperpanjang atau meningkat ke New Normal.

Jika sebelumnya saat tanggap darurat Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD) aktivitas warga mulai pukul 06.00WIT hingga pukul 14.00WIT, maka secara teknis, dalam pemberlakukan Pra New Normal, aktivitas warga diperpanjang mulai pukul 06.00-19.00 WIT, namun tetap mengikuti protokol COVID-19 yakni menggunakan masker, social distancing dan physical distancing dan setelah waktu tersebut tidak ada lagi aktivitas masyarakat.

Aktivitas masyarakat akan dipantau mulai pukul 19.01-05.59 WIT ke atas oleh aparat keamanan dan tim yang secara masif melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Mimika melalui Hendrik Hayon Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemda Mimika, didampingi Ketua Harian Tim Gugus Tugas Yosias Lossu, Jubir Reynold Ubra dan Kasatpol PP Mimika Wilem Naa kepada media melalui konferensi pers, Kamis (4/6).

Dijelaskan, meski ada pembatasan aktivitas masyarakat diatas pukul 19.01 WIT namun dikecualiakan bagi Tim Gugus Tugas, karyawan PTFI yang mendapat rekomendasi, mereka yang memiliki stiker, kegiatan kedinasan yang urgen, logistik dan bahan pokok, kendaraan pendingin logistik perikanan, logistik kesehatan dan obat-obatan, tenaga medis dan evakuasi pasien serta cleaning service RSUD.

Tidak hanya itu, tenaga kerja kontraktor yang menangani kegiatan kegiatan pemerintah maupun PT Freeport Indonesia, emergency kesehatan, emergency keamanan, tenaga PLN yang melakukan perbaikan jaringan dan pergantian jam kerja, karyawan perhotelan serta tenaga Telkomsel yang melakukan perbaikan jaringan dan jam kerja diijinkan beraktivitas.

Sedangkan aktivitas persekolahan dan perkuliahan masih dilakukan di rumah, tetapi aktivitas perkantoran dimulai 8 Juni 2020, tetapi hanya untuk pejabat atau unsur pimpinan sedangkan ASN lain dan honorer tetap bekerja di rumah.

Sementara itu, fasilitas publik seperti kantor, tempat peribadatan, pasar, mall, toko, kios, restoran dan hotel beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan.

Dan sosialisasi dan edukasi pencegahan pengendalian dan penanggulangan COVID-19 menuju New Normal kepada masyarakat dilakukan oleh TNI-Polri dan tim gugus tugas dengan melibatkan perangkat kelurahan dan kampung.

Menindaklanjuti kesepakatan bersama tersebut akan dituangkan dalam Instruksi Bupati dan surat edaran.
“Media-media di Mimika diharapkan secara masif turut mensosialisasikan agar diketahui oleh masyarakt luas dan diikuti serta dilakukan sebagaimana isi kesepakatan ini,” ungkap Hendrik.

Polres Dukung Penerapan Pra New Normal

Sementara itu, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika mengatakan pihaknya mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah Kabupaten Mimika yang akan menerapkan Pra New Normal selama dua minggu sejak Jumat (5/6) hingga Kamis (18/6).

“Kita akan mengikuti kebijakan pemerintah. Dan anggota tetap diturunkan di lapangan. Yang paling penting nanti di pra new normal adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang new normal,” kata Era kepada wartawan di Hotel Grand Mozza usai mengikuti rapat evaluasi PSDD, Kamis (4/6)

Dikatakannya, pelaksanaan pra new normal ini masyarakat yang beraktivitas mulai pukul 06.00 WIT sampai 19.00 WIT tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Lebih lanjut, bisa atau tidaknya tergantung dengan pribadi masing-masing. Namun, intinya anggota Polres Mimika akan menjadi hunter untuk jaga masyarakat beraktifitas.

“Jadi, selama pelaksanaan PSDD ini, pelajaran yang bisa dipetik adalah masyarakat menjadi lebih patuh sehingga kita ucapkan terimakasih. Dan semoga dengan pelaksanaan pra new normal ini tidak ada peningkatan lagi dan masyarakat bisa lebih patuh lagi,” jelasnya.

Ditambahkan, pemerintah dan pihak keamanan hanya bisa mengimbau tapi untuk menghindari virus corona tanggung jawab pribadi dari masing-masing orang.

Penulis : Echie Mnsen/Rina

Editor : Linda B Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.