Bupati Minta ASN Gantian Berkantor

0
360
Foto: Echie/TimeX APEL - Tampak sejumlah ASN di lingkup Pemkab Mimika mengikuti apel pagi, di hari pertama kembali berkantor, Senin (8/6), setelah penerapan Work From Home (WFH) beberapa bulan terakhir.

TIMIKA,TimeX

Aparatur Sipil Negara (ASN), kembali berkantor pada Senin (8/6) sejak merebaknya pandemi COVID-19, yang mengharuskan ASN beraktivitas dan bekerja dari rumah (work from home) sejak Maret lalu.

Foto: Echie/TimeX
APEL – Tampak sejumlah ASN di lingkup Pemkab Mimika mengikuti apel pagi, di hari pertama kembali berkantor, Senin (8/6), setelah penerapan Work From Home (WFH) beberapa bulan terakhir.

BACA JUGA : Pra New Normal, Paroki St. Stefanus Sempan Terapkan Empat Kali Misa

BACA JUGA : Bhayangkari Bagikan Ratusan Paket Sembako

Aktifnya kembali aktivitas perkantoran khususnya di lingkup Pemkab Mimika, Bupati Mimika meminta ASN bergantian masuk kantor. Jika hari ini yang masuk 50 persen maka besoknya yang 50 persen dan seterusnya.

“Misalnya kalau satu dinas ada 100 orang, maka hari ini masuk 50 orang besoknya 50 orang lainnya dan seterusnya,” terang Eltinus Omaleng, Bupati Mimika, dalam arahannya saat apel pagi, Senin (8/6) di halaman Kantor Pusat Pemerintahan.

BACA JUGA : Banyak Pejabat Tidak Punya Mobil Dinas

BACA JUGA : Penerbangan Lokal di Papua Belum Beroperasi

Kata dia, di tengah pandemi virus corona yang belum diketahui kapan akan berakhir, angka pasien positif COVID-19 juga masih terbilang tinggi yakni 291 pasien. Kendati demikian aktivitas masyarakat juga harus berjalan normal kembali, termasuk kantor pemerintahan juga aktivitas perekonomian.

Di hari pertama berkantor, diperkirakan sekitar 50 persen ASN sudah hadir.

Bupati menyampaikan, pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia termasuk Mimika, belum pasti kapan berakhir. Sehingga protokol COVID-19 harus diterapkan di Pra New Normal.

“Kita buka daripada harus bergantung ke provinsi dan Pusat,” katanya lagi.

Ia mengingatkan ASN untuk benar-benar menerapkan protokol COVID-19, dengan selalu menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

“Jangan terlalu kumpul-kumpul, foto-foto juga stop,” tutur bupati.

BACA JUGA : Tiga Pasar jadi Pusat Rapid Test Massal

BACA JUGA : Tukang Ojek Mendapat Pelatihan Keselamatan Mengendara

Dikatakan, Pra New Normal yang diberlakukan selama 14 hari akan kembali dievaluasi perkembangannya jika memungkinkan Mimika akan memasuki normal baru (new Normal).

“Saya harap masuk kantor hati-hati, ketemu masyarakat jangan pegangan tangan, bisa tapi harus cuci tangan. Tetap masuk kantor dengan semangat yang ada, tapi seperti orang lagi bermusuhan jadi duduk jauh-jauh, kerja selesai lalu jalan pulang,” pesan bupati.

Ia juga mengingatkan ASN untuk tidak perlu takut berlebihan terhadap COVID-19 tetapi dianggap seperti malaria, sehingga aktivitas kerja tetap berjalan dan ekonomi normal.

Dari pantauan Timika eXpress, terlihat hampir semua SKPD hadir. Namun sebelum beraktivitas, disemprotkan disinfektan pada ruangan dan pegawai memilih berada di luar sambil menunggu. Dan pelayanan kepada masyarakat mulai dilakukan.

Penulis : Echie Mnsen

Editor :  Linda B Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.