Tiga Pasar jadi Pusat Rapid Test Massal

0
518
Foto: Echie Mnsen/TimeX MAMANTAU – Eltinus Omaleng, Bupati Mimika didampingi sejumlah pimpinan OPD dan pejabat saat memantau aktivitas Pasar Sentral, Senin (8/6).

TIMIKA,TimeX

Sebagai upaya percepat putus mata rantai penyebaran Covid-19, Eltinus Omaleng Bupati Kabupaten Mimika menegaskan Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19, akan menjaring setiap masyarakat yang ada di fasilitas publik seperti di Pasar Sentral, eks Pasar Swadaya, Gorong Gorong dan mall untuk pemeriksaan cepat dengan dirapid test COVID-19 massal, selain pembagian masker dan sosialisasi tentang protokol kesehatan.

Foto: Echie Mnsen/TimeX
MAMANTAU – Eltinus Omaleng, Bupati Mimika didampingi sejumlah pimpinan OPD dan pejabat saat memantau aktivitas Pasar Sentral, Senin (8/6).

BACA JUGA : Bhayangkari Bagikan Ratusan Paket Sembako

BACA KIGA : Pra New Normal, Paroki St. Stefanus Sempan Terapkan Empat Kali Misa

Eltinus sampaikan hal ini saat meninjau langsung kondisi Pasar Sentral didampingi sejumlah pejabat dan pimpinan OPD, Senin (8/6).

Eltinus yang saat itu mengenakan masker kuning menyampaikan dengan aktifitas masyarakat yang cukup ramai terutama saat pemberlakukan pra new normal, maka semua orang harus bergotong royong dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Bahkan, ia menyarankan anggap saja Covid-19 tidak ada, namun dengan cara gotong royong seperti ini dengan pemeriksaan cepat di pasar dan layanan publik lainnya maka dapat menjaring orang positif.

BACA JUGA : Banyak Pejabat Tidak Punya Mobil Dinas

BACA JUGA : Penerbangan Lokal di Papua Belum Beroperasi

“Lebih banyak positif lebih bagus daripada tidak ada sama sekali. Ini langkah cepat putuskan virus Corona, biar sembuh-sembuh semua dan turun kasusnya,” katanya.

Pemeriksaan secara massal akan dilakukan di beberapa titik seperti Pasar Sentral, eks Pasar Swadaya dan Pasar Gorong Gorong.

Orang nomor satu di Mimika ini juga menyebut surat edaran pemberlakuan new normal akan segera disosialisasikan kepada masyarakat termasuk di pasar, warung juga fasilitas publik lainnya agar semua orang mengetahuinya.

Sementara surat edaran khusus beroperasinya pesawat, bupati menyebut setelah pra new normal.

“Harusnya berjalan tanggal 5 Juni, namun karena terkendala surat edaran maka belum dilakukan. Karena surat edaran itu belum sehingga kami juga hari ini akan keluarkan khusus untuk penerbangan,” ujarnya.

Ia menambahkan bagi calon penumpang wajib ikut rapid test dan tujuan kemana musti jelas dilampirkan KTP, surat keterangan dan ijin dari bupati.

BACA JUGA : Tukang Ojek Mendapat Pelatihan Keselamatan Mengendara

“Tergantung permohonan dan tujuannya. Dengan klasifikasi tugas dinas, orangtua sakit berat, bisnis dan kepentingan emergency yang lain. Sekedar jalan-jalan tidak,” katanya.
Untuk keluar Timika dengan rapid test sementara masuk kembali Timika harus melalui tes swab.

Penulis : Ehcie Mnsen

Editor : Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.