Tinaju Fasilitas Umum, Wabup Sebut Pasar Jauh dari Standar Protokol Kesehatan

0
159
FOTO: ECHIE/TimeX TINJAU - Johannes Rettob, Wakil Bupati Mimika saat meninjau penerapan protokol COVID-19 di Diana Shopping Center, didampingi Lina, Manager Unit Usaha Diana, Selasa (9/6).

TIMIKA,TimeX
Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Untuk itu, Selasa (9/6), Johannes Rettob, Wakil Bupati mengunjungi sejumlah fasilitas umum guna memastikan penerapan standar protokol COVID-19.

BACA JUGA : Pra New Normal, Paroki St. Stefanus Sempan Terapkan Empat Kali Misa

FOTO: ECHIE/TimeX
TINJAU – Johannes Rettob, Wakil Bupati Mimika saat meninjau penerapan protokol COVID-19 di Diana Shopping Center, didampingi Lina, Manager Unit Usaha Diana, Selasa (9/6).

BACA JUGA : Jurnalis Diminta Jaga Keselamatan Saat Liput COVID-19

Ia menyebutkan suasana pasar masih jauh dari standar protokol kesehatan. Hal ini karena Wabup menemukan pengunjung pasar dan para pedagang belum menerapkan jarak sosial dan penggunaan masker di samping itu, fasilitas cuci tangan di pasar juga masih sangat minim, baik di Pasar Sentral, Pasar Gorong-gorong maupun eks Pasar Swadaya.

“Kalau di pasar ini sangat jauh dari sempurna, makanya mulai ditempatkan petugas untuk mengawasi. Bagi pengunjung yang tidak pakai masker kita suruh keluar. Dan bagi pedagang, agar pake masker, duduk jaga jarak,” ujar Wabup.

Ia menilai yang paling rentan saat dilakukan transaksi belanja dan pembayaran. Hal ini dikarenakan penataan pasar belum baik.

“Yah mudah-mudahan pasar ini kita tata dalam kehidupan ini (pra new normal) sekaligus dengan adanya Corona ini, kurang lebih begitu,” tambahnya.

Sebelumnya Wabup juga mengunjungi sejumlah pusat perbelanjaan lainnya, seperti
Diana Shopping Center dan ATM Center di Diana.

BACA JUGA : Bupati Minta ASN Gantian Berkantor

Kata dia, kunjungan ini dilakukan mengingat banyaknya akses masyarakat ke tempat tersebut, maka proteksi harus dilakukan lebih, baik fasilitas cuci tangan,
penyemprotan disinfektan, penerapan physical distancing dan lainnya.

Ia juga ingin memastikan pelaku usaha menerapkan protokol kesehatan.

Saat tiba di pusat perbelanjaan Diana Shopping Center yang terletak di Jalan Budi Utomo, Wakil Bupati didampingi Lina, Direktris Unit Usaha Diana Shopping Center bersama petugas keamanan memantau secara detail mulai dari pengunjung yang masuk hingga jarak antara pengunjung.

BACA JUGA : Warga Dilarang Bongkar Sampah Cari Sisa Makanan

Jhon Rettob mengapresiasi pengelola Diana yang secara umum telah menerapkan protoko kesehatan.

“Kita lihat sendiri mulai masuk pengunjung diarahkan mencuci tangan, langsung dicek suhu tubuhnya, bagi yang tidak memakai masker langsung disuruh pulang atau pakai masker dulu baru diizinkan masuk ,” kata Wabup disela-sela kunjungannya.
Wabup berharap petugas tegas terhadap pengunjung apabila tidak menggunakan masker agar tidak diperkenankan masuk.

Wabup mengatakan, sejak diterapkannya pra new normal pemerintah tidak serta-merta memberikan kelonggaran begitu saja tetapi ada aturan yang harus diterapkan yakni mengikuti anjuran agar tetap menjaga kesehatan.

“Pra new normal inikan kita mau tahu sampai dimana penyebaran dan ini bukan lagi satu wilayah terkena, tapi sudah merata di beberapa wilayah,” katanya.

Untuk itu, ia berharap tempat-tempat usaha lain juga melakukan hal yang sama, hal ini penting agar penularan virus corona bisa segera diatasi.

Wabup juga memantau lokasi ATM yang berada satu atap dengan Diana Shopping Center, dan ia merespon baik karena telah diterapkan physical distancing dan masuk juga keluar ATM di anjurkan agar harus mencuci tangan.

Wabup selanjutnya meninjau Timika Mall belum dilakukan physical distancing, tidak ada jarak ketika orang akan mengantri di kasir membayar. Namun tersedia fasilitas cuci tangan.

Meski demikian, khusus di Jco sudah terlihat penerapan physical distancing, terutama posisi duduk diatur satu meja satu kursi dengan jarak satu meter.

Penulis : Echie Mnsen

Editor : Linda B Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.