Kapolda Silaturahmi Bersama Tokoh Masyarakat

0
34
Foto : Rina/TimeX BERI KETERANGAN - Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kapolda Papua didampingi Johannes Rettob, Wakil Bupati Mimika, AKBP Era, Kapolres Mimika dan Letkol Inf Pio Naiggolan, Dandim 1710 Mimika memberikan keterangan kepada media dalam kegiatan silaturahmi bersama tokoh masyarakat di Hotel dan Resto 66 Cendrawasih pada Senin (22/6).

TIMIKA,TimeX

Dalam menjalin hubungan baik di Kabupaten Mimika, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kapolda Papua bersama Johannes Rettob, Wakil Bupati Mimika, AKBP Era, Kapolres Mimika dan Letkol Inf Pio Naiggolan, Dandim 1710 Mimika bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat serta menikmati jamuan makan malam di Hotel dan Resto 66 Cendrawasih pada Senin (22/6).

Foto : Rina/TimeX
BERI KETERANGAN – Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kapolda Papua didampingi Johannes Rettob, Wakil Bupati Mimika, AKBP Era, Kapolres Mimika dan Letkol Inf Pio Naiggolan, Dandim 1710 Mimika memberikan keterangan kepada media dalam kegiatan silaturahmi bersama tokoh masyarakat di Hotel dan Resto 66 Cendrawasih pada Senin (22/6).

BACA JUGA : Bakesbangpol Gandeng Berbagai Elemen Cegah Gerakan Radikal

Tujuan utama silaturahmi ini untuk sharing berkaitan dengan situasi kekinian yang dihadapi di wilayah Mimika.

“Banyak permasalahan yang kita komunikasikan dan beberapa informasi penting. Kami di provinsi juga memberikan beberapa masukan kepada tokoh di sini dan diakhiri dengan makan malam sambil sharing dengan berbagai persoalan,” kata Kapolda kepada wartawan usai silaturahmi.

BACA JUGA : Dugaan Penyalahgunaan Dana BOK Puskesmas Wania Ditaksir Rp450 Juta

Menurutnya, persoalan seperti relaksasi pandemi Covid-19 di provinsi juga sudah bersepakat untuk melakukan relaksasi atau pengendoran di mana hasilnya bisa diikuti oleh semua pemerintah di wilayah.

“Mulai dari batas waktu pengendoran itu sendiri, kemudian juga mengikuti berbagai protokol kesehatan yang juga sudah disosialisasikan bersama. Artinya, sifatnya mengingatkan saja baik di provinsi dan juga kabupaten/kota,” katanya.

Pada silaturahmi ini ia juga sudah mendengar laporan dari Johannis Rettop selaku Wakil Bupati Mimika bagaimana pemerintah daerah berjuang keras untuk melawan Covid-19 sebagaimana ajakan Presiden agar masyarakat tidak khawatir berlebihan dan seharusnya bangkit untuk melawan Covid-19 ini.

BACA JUGA : Disperindag Banyak Temukan Minuman Kaleng Kadaluarsa

“Kami juga memberikan catatan bagaimana dinamika dan permasalahan berkaitan dengan sejumlah proses perkara yang berkaitan dengan kerusuhan dan aksi massa di Jayapura Kota, Wamena dan Timika saat adanya isu rasisme di Surabaya yang kemudian berkembang besar,” katanya.

Ia juga mengatakan bagaimana mengeliminir agar persoalan itu tidak berkembang besar termasuk mengevakuasi warga yang ketakutan ketika itu. Pihaknya juga melakukan upaya hukum kepada pihak yang melakukan perbuatan melawan hukum.

“Kami TNI-Polri semata-mata mengamankan dan mendamaikan persoalan dan merelokasikan agar kekerasan tidak meluas. Tapi kita juga melakukan upaya hukum sehingga para pihak yang terbukti melawan hukum kita proses. Namun sangat disayangkan, ada yang bicara mengenai hukum ada yang membahas politik. Sehingga kami membahasnya kepada tokoh masyarakat agar biar mereka memahami,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini terbukti, karena para pelaku kejahatan itu sudah ada yang dibebaskan dan ada yang masih diproses. Oleh karena itu, momen seperti ini merupakan hal bagus agar persoalan di daerah dapat diketahui sehingga bisa diproses hukum.

Penulis : Rina Hutapea

Editor : Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.