Perpustakaan Hanya Layani Peminjaman dan Pengembalian Buku

0
23

TIMIKA,TimeX

Meski Mimika sudah menerapkan tanggap darurat adaptasi new normal, namun Dinas Perpustakaan dan Kearsipan masih menutup ruang baca di tempat Perpustakaan. Namun demikian, warga Mimika jangan kuatir untuk pelayanan pinjam dan mengembalikan buku masih berjalan. Hal ini dilakukan guna memfasilitasi masyarakat maupun anak sekolah yang lebih suka membaca lewat buku fisik.

BACA JUGA : Babinsa Kokonao Kawal Distribusi Sembako untuk Masyarakat

Diperkirakan Perpustakaan akan kembali dibuka seperti biasa ketika aktivitas sekolah kembali dibuka. Karena bila sekarang dibuka dan sekolah masih ditutup, dikhawatirkan anak sekolah akan berkerumun di ruang perpustakaan.

“Untuk perpustakaan di Mimika masih level dua, jadi ruang baca masih tutup. Tapi untuk pelayanan peminjaman dan pengembalian buku berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan, tidak baca di tempat. Kami masih khawatir,” jelas Benedictus Renyaan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mimika ketika ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Senin (22/6).

Benedictus menjelaskan, proses pengembalian dan peminjaman buku, siswa atau masyarakat yang datang ke perpustakaan dengan memakai masker.

“Yang meminjam dan mengembalikan buku sekarang itu masih ada, meski jumlahnya berbeda jauh. Dan bagi siswa dan masyarakat yang mengembalikan buku harus menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Menururnya, perpustakaan tetap memfasilitasi anak sekolah dan masyarakat umum yang menyukai buku fisik untuk dibaca. Meskipun di era digital saat ini membaca tak hanya melalui buku tapi bisa secara online melalui smartphone.

“Jujur kami masih khawatir dengan kondisi saat ini. Jadi jalan yang paling baik memang perpustakaan sementara tidak buka. Tapi upaya kami memfasilitasi. Dalam memberikan pelayanan juga kami tetap menerapkan protokol kesehatan. Peminjam buku harus pakai masker, cuci tangan dan tidak baca di tempat,” jelas dia.

Penulis : Allo Lebuan

Editor : Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.