Sembilan Parpol Diminta Lengkapi Berkas

0
42
Foto: Dok./TimeX Petrus Lewa Koten

TIMIKA,TimeX

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Mimika bersama Tim telah melakukan verifikasi berkas bantuan Parpol. Berdasarkan data, terdapat sembilan Parpol peserta pemilu yang belum lengkap data administrasi sehingga belum dapat dilakukan verifikasi pencairan dana, sehingga diminta segera lengkapi. Namun Petrus tidak menyebutkan sembilan Parpol itu apa saja.

Foto: Dok./TimeX
Petrus Lewa Koten

BACA JUGA : Bakesbangpol Mimika Verifikasi Bantuan Parpol

“Kami bersama tim telah melakukan verifikasi berkas bantuan Parpol. Dalam verifikasi itu masih ditemukan berkas yang belum lengkap. Kami akan minta Parpol untuk melengkapi berkas pencairan dana bantuan Parpol,” kata Petrus Koten, Kepala Badan Kesbangpol kepada Timika eXpress, Selasa (23/6).

BACA JUGA :3.167 Spesimen Diperiksa, 2.800 Negatif Covid-19

Dana bantuan Parpol, kata dia bersumber dari APBD tahun anggaran 2020.

“Saya minta kepada Parpol yang belum melengkapi syarat administrasi hendaknya segera dilengkapi agar dapat dilakukan verifikasi dan selanjutnya dapat dicairkan dana bantuan tersebut,” katanya.

Sesuai ketentuan, syarat yang harus dilengkapi Parpol penerima bantuan, yakni, foto copy surat keterangan nomor pokok wajib pajak, surat keterangan DPC Parpol yang menetapkan susunan pengurus, surat keterangan otentikasi hasil perolehan kursi, nomor rekening, rencana penggunaan dana bantuan, laporan realisasi penerimaan dana bantuan dan syarat lainnya sesuai ketentuan.

Bakesbangpol pada tahun ini mengalokasikan anggarkan dana operasional untuk Parpol sebesar Rp 800 juta.

Dana bantuan Parpol tersebut bersumber dari APBD Mimika dan disalurkan ke masing-masing Parpol peraih kursi DPRD serta disesuaikan dengan jumlah suara yang diperoleh dari masing-masing daerah pemilihan (Dapil) periode 2019-2024.

Untuk Golkar meraih 7 kursi, NasDem lima kursi, PDI Perjuangan lima kurasi, Gerindra lima kursi, PKB empat kursi, Demokrat tiga kursi, Perindo tiga kursi, Hanura satu kursi, PSI satu kursi dan PBB satu kursi.

Penulis : Allo Lebuan/Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.