Distanbun Diminta Berikan Jaminan KUR di Bank bagi Petani

0
23
Foto: Indriyani/TimeX FOTO BERSAMA – Anggota Komisi B DPRD Mimika foto bersama Yohana Paliling Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika beserta stafnya usai Kunker, Rabu (24/6).

TIMIKA,TimeX

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika diminta berikan jaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di BRI bagi para petani agar bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan kredit sebagai modal.

Foto: Indriyani/TimeX
FOTO BERSAMA – Anggota Komisi B DPRD Mimika foto bersama Yohana Paliling Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika beserta stafnya usai Kunker, Rabu (24/6).

BACA JUGA : Orangtua Keluhkan Sekolah Favorit Jarang Terima Anak OAP

Permintaan ini diutarakan Nurman Sugianto Karopukaro, Anggota Komisi B DPRD Mimika dalam kunjungan kerja (Kunker) di Distanbun, Rabu (24/6).

Menanggapi hal ini, Yohana Paliling, Kepala Distanbun Mimika mengatakan, sejauh ini pelayanan KUR yang ditawarkan pihak perbankan kepada petani tidak berbeda jauh dengan kredit biasa karena harus ada jaminan.

“Meski sudah ada program kredit bagi petani dari Pemerintah Pusat, tetapi petani kita ini juga takut ambil risiko. Bagaimana tidak pengurusan ribet dan tidak jauh beda dengan kredit biasa, sedangkan angsuran harus setiap bulan, ini membuat mereka takut,” jelas Yohana.
Yohana mengakui memang bunga kredit yang ditawarkan kecil 0,6 persen.

“Disetor angsuran setiap bulan, sedangkan ada petani yang kadang panen kadang tidak. Sehingga khusus bagi petani Orang Asli Papua (OAP) diharapkan dapat diberikan jaminan dari Pemerintah Daerah,” katanya.

Yohana juga memang sudah tanya ke bank, sampai hari ini belum ada petani yang mengajukan kredit.

“Ya itu karena persyaratannya sangat sulit sekali,” pungkas Yohana.

Penulis : Indriyani

Editor : Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.