Seleksi Sekda Mimika Ditangguhkan

0
27
Foto: Dok./TimeX Marthen Paiding

TIMIKA,TimeX

Tidak memenuhi kuota perempuan, seleksi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika ditangguhkan sementara. Pasalnya, melihat dari jumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Mimika, setidaknya tujuh diantaranya diduduki oleh perempuan.

BACA JUGA : Robby Omaleng: Sekda Adalah Jabatan Karir, Bukan Politik

Foto: Dok./TimeX
Marthen Paiding

BACA JUGA : Warga Kampung Noemun Dilanda Kelaparan

Dengan demikian seharusnya ada perempuan yang ikut serta dalam seleksi jabatan tinggi pratama tersebut.

“Untuk sementara beliau (bupati, red) sampaikan ke Pansel untuk tangguhkan dulu proses itu,” ungkap Marthen Paiding Pj Sekda saat dihubungi melalui telepon, Kamis (25/6).

BACA JUGA : Bhabinkamtibmas Kamoro Jaya Salurkan Bantuan untuk Warga

Dikatakan penangguhan seleksi ini dilakukan sehingga ada waktu bagi perempuan untuk ikut serta sehingga ada keterwakilan. Bahkan bila memungkinkan akan dibuka secara luas sehingga dari daerah lain bisa mendaftar.

“Sebelumnya kan hanya terbuka untuk ASN di lingkup Pemda Mimika,” ungkapnya.

Sekda menjelaskan dari kandidat yang mengikuti seleksi tiga diantaranya dinyatakan tidak lolos,yakni Nikolaas E. Kuahaty, Asisten Umum, karena status kepegawaiannya masih di Kabupaten Kaimana, kemudian Julius Sasarari karena faktor umur yang harusnya 56 kini 58 tahun, dan Simon Mote mantan Kepala Bappeda, terkait kelengkapan administrasi dan sedang menjalani proses hukuman sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Sementara enam ASN yang dinyatakan lolos adalah Benediktus Renyaan, Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah, Petrus Yumte Kadis Sosial, Petrus Lewa Koten, Kepala Bakesbangpol, Syahrial, Kadis Ketahanan Pangan, Limi Mokodompit, Kadis Lingkungan Hidup dan Wilem Naa, Kepala Satpol-PP.

BACA JUGA : Penyaluran BLT DD di Kampung Nawaripi Pekan Depan

Adanya penundaan ini lanjut Marthen Paiding, hingga kini belum ada kepastian mengenai kapan seleksi ini dilanjutkan.

“Saya tidak tahu panitia sikapi seperti apa, karena saya juga tidak bisa intervensi panitia, bukan kewenangan saya,” tutup Sekda.

Penulis : Echie Mnsen

Editor : Linda B Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.