Update Covid-19 di Mimika: Lima Orang Dalam Satu Keluarga Sembuh

0
29
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama stakeholder terkait lainnya, dalam perpanjangan masa tanggap darurat telah menetapkan adaptasi kehidupan baru sejak 19 Juni 2020 lalu hingga 2 Juli mendatang.
Reynold Ubra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika

TIMIKA,TimeX

Reynold Ubra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika melaporkan jumlah pasien sembuh terus bertambah, sementara konfirmasi kasus aktif atau positif Covid-19 jumlahnya pun terus berkurang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama stakeholder terkait lainnya, dalam perpanjangan masa tanggap darurat telah menetapkan adaptasi kehidupan baru sejak 19 Juni 2020 lalu hingga 2 Juli mendatang.
Reynold Ubra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika

BACA JUGA : Usaha Hotel-Restoran Lesu Selama Covid-19, Pemkab Jangan Pilih Kasih Pakai Hotel untuk Kegiatan

Data per Kamis (25/6), total pasien sembuh menjadi 281 atau 76 persen dengan adanya penambahan 9 orang.

Peningkatan kasus sembuh secara signifikan memberi gambaran bahwa Covid-19 bisa dilawan dan dicegah, asalkan masyarakat tetap dan taat mematuhi protokol kesehatan.

Presentase angka kesembuhan ini pun menunjukan tenaga-tenaga yang menjalankan tugas pelayanan pada fasilitas kesehatan, seperti RSUD Mimika, RS Tembagapura dan Rumah Sakit Mitra masyarakat (RSMM) telah melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal.

BACA JUGA : Komisi B DPRD Jadwalkan Monitoring di Delapan OPD

Reynold Ubra yang juga Plt. Kadinkes Mimika kepada wartawan melalui layanan virtual video conference yang difasilitasi Diskominfo tadi malam juga melaporkan, selain tambahan 9 pasien sembuh, juga terkonfirmasi tambahan empat kasus baru positif Covid-19.

“Dari sembilan pasien sembuh, lima 5 orang terkonfirmasi dari RSUD Mimika dan empat pasien dari RS Tembagapura. Kami pun sangat bersyukur sekali karena lima pasien sembuh dari RSUD Mimika adalah satu keluarga, satu diantaranya anak laki-laki berusia 5 tahun,” jelas Reynold.

Ia menambahkan, adanya tambahan 4 kasus baru pada Kamis kemarin merupakan konfirmasi hasil pemeriksaan 131 spesimen swab.

“Tambahan empat kasus positif, maka kumulatif Covid-19 di Mimika mencapai 371 kasus,” ujarnya.

Dari jumlah 371 kasus positif, tersisa 84 pasien masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Timika.

“Yang masih dirawat dan ditangani di RSMM ada satu pasien, di RSUD Mimika 37 pasien dan tersisa 46 pasien dirawat di RS Tembagapura,” jelasnya.

Sejak kasus Covid-19 mewabah di Mimika tanggal 25 Maret lalu hingga kini, tercatat 6 pasien meninggal dunia atau setara 1,67 persen.

Dijelaskan pula, sejak diberlakukan adaptasi hidup baru hingga Kamis kemarin tim kesehatan telah melakukan rapid test terhadap 2.017 orang, dengan hasil 23 orang dinyatakan reaktif.

“Menurut perhitungan dan perkiraan dari 23 orang reaktif rapid test, sekitar 1,9 persen terkonfirmasi positif bila melalui test PCR (Polymerase Chain Reaction),” ujarnya.

Lebih lanjut kata Reynold, selain kasus aktif, juga dilaporkan adanya penambahan 2 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) , sehingga kumulatif PDP berjumlah 24 orang.

Terkonfirmasi pula tambahan 3 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari RSMM.

“Kumulatif ODP aktif sampai malam ini (tadi malam-Red) tersisa 586 orang,” terangnya.

Selain itu terdapat tambahan 5 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang terkonfirmasi dari RSUD Mimika. Dengan demikian kumulatif OTG sebanyak 1.109 orang.

Penulis : Maurits Sadipun

Editor : Linda B Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.