51 Napi Jalani Asimilasi di Rumah

0
26
Foto : Rina/TimeX Marojahan Doloksaribu

TIMIKA,TimeX

Sebanyak 51 Narapidana (Napi) Lembaga Permasyarakatan Klas II B Timika saat ini sedang menjalani proses asimilasi di rumah. Puluhan Napi tersebut tidak wajib lapor selama mengikuti proses asimilasi.

Foto : Rina/TimeX
Marojahan Doloksaribu

BACA JUGA : 222 Warga Binaan Lapas Timika Dirazia

Untuk diketahui, asimilasi adalah proses pembinaan narapidana dan anak didik pemasyarakatan yang dilaksanakan dengan membaurkan narapidana dan anak didik pemasyarakatan dalam kehidupan masyarakat. Biasanya pihak penjamin itu adalah orang-orang yang kenal dengan narapidana tersebut.

Marojahan Doloksaribu selaku Kepala Lembaga Permasyarakatan Klas II B Timika mengatakan, sebanyak 51 Napi yang menjalani proses asimilasi sejak beberapa waktu lalu hingga kini terpantau dalam kondisi baik.

“Jadi, ada 51 Napi yang diasimilasi di rumah. Sejauh ini tidak ada yang kembali ke Lapas Timika. Karena kita terus mendorong pos-pos Bapas untuk memantau para warga binaan asimilasi yang berada di rumah ini,”kata Marojahan kepada Timika eXpress di Gedung Keuskupan Timika, Jumat (26/6) kemarin.

Kata dia, pihaknya berupaya agar pos-pos Bapas ini terus melakukan pengecekan terhadap setiap warga binaan tersebut maupun anggota keluarga yang tinggal bersama dalam satu rumah.

“Kita dorong pos Bapas untuk terus mengecek mereka, jangan sampai dia terlena, karena mereka ini masih asimilasi di rumah,”tuturnya.

Menurutnya, meski warga binaan yang asimilasi di rumah tidak wajib lapor, namun pos bapas yang harus pro aktif untuk menelepon narapidan tersebut atau anggota keluarga yang tinggal bersama sama dalam satu rumah.

Dia berharap, narapidana yang mendapatkan asimilasi rumah ini dapat menggunakan proses ini dengan melakukan hal-hal baik.

“Kami tidak mengharapkan bahwa yang 51 narapidana ini akan kembali lagi ke Lapas,” tuturnya.

Penulis : Rina Hutapea

Editor : Romy Heatubun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.