82 Persen Pasien Covid-19 di Mimika Dinyatakan Sembuh

0
42
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama stakeholder terkait lainnya, dalam perpanjangan masa tanggap darurat telah menetapkan adaptasi kehidupan baru sejak 19 Juni 2020 lalu hingga 2 Juli mendatang.
Reynold Ubra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika

TIMIKA,TimeX

Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bertambah 23 orang pada Jumat (26/6).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama stakeholder terkait lainnya, dalam perpanjangan masa tanggap darurat telah menetapkan adaptasi kehidupan baru sejak 19 Juni 2020 lalu hingga 2 Juli mendatang.
Reynold Ubra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika

BACA JUGA : Curi HP di SP 1, Ditangkap Polisi di Pasar Sentral

Dengan demikian akumulasi pasien yang sembuh kini mencapai 304 atau setara dengan 82 persen dari total pasien yang terkonfirmasi positif melalui pemeriksaan PCR yang jumlahnya 372 kasus.

“Pada hari ini Jumat 26 Juni 2020 terjadi kemajuan dalam tatalaksana pasien Covid-19 karena hanya ada penambahan satu kasus baru Covid-19 sehingga kumulatif menjadi 372 kasus,” ungjap Reynold Ubra, Juru bicara tim TGTPP Covid-19 Mimika, melalui press release Jumat malam yang diterima Timika eXpress.

BACA JUGA : Lapas Timika Hanya Terima Tahanan Negatif Covid-19

Sedangkan dalam 24 jam terakhir, dilaporkan 23 orang pasien Covid-19 dinyatakan sembuh masing-masing RSUD Mimika dan RS. Mitra Masyarakat masing-masing satu orang, dan 22 orang dari RS. Tembagapura.

Dengan bertambahnya 23 pasien sembuh maka secara kumulatif terdapat 304 pasien Covid-19 di Kabupaten Mimika yang sembuh atau 82 % dari kumulatif kasus dalam 24 jam terakhir. Saat ini tersisa 62 pasien Covid-19 yang masih diisolasi pada tiga rumah sakit, yaitu RSUD Mimika tersisa 36 orang dan RS. Tembagapura 26 orang. Jumlah kesembuhan di Kabupaten Mimika berkontribusi terhadap kasus kesembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Papua sebesar 37.39 persen dari 813 angka kesembuhan di Provinsi Papua, sedangkan proporsi jumlah kasus di Kabupaten Mimika adalah 22.97 persen dari 1,619 kasus di Provinsi Papua atau dua kali lebih rendah dari Kota Jayapura.

Dengan demikian pasien yang kini masih aktif dalam perawatan tersisa 62 pasien atau 17 persen, sedangkan tidak terjadi kematian pasien Covid-19 dalam 24 jam terakhir, (masih tetap 6 kejadian kematian atau 2 persen).

Dengan hasil tersebut, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua tim medis yang telah menangani pasien Covid-19 selama 93 hari sejak kasus pertama pada akhir Maret 2020.

“Kami menyampaikan terima kasih untuk dukungan masyarakat, para tokoh agama yang selalu berdoa untuk kota ini, juga pimpinan Polri dan TNI di Kabupaten Mimika serta para pekerja media di Timika yang senantiasa menyampaikan perkembangan Covid-19 untuk warga Mimika,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk pemeriksaan antibody hari ini (kemarin, red), pihaknya mengaku menemukan 14 persen antibodi positif dari 238 sampel yang diperiksa. Angka ini naik dari temuan di masa pra new normal yang hanya 3 persen.

Angka ini lanjut Reynold, sebaiknya dijadikan sebagai alat ukur meskipun banyak pasien yang dinyatakan sembuh tetapi penularan Covid-19 masih terjadi di masyarakat.

Karena itu, pihaknya berharap masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan rajin memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan selalu menjaga jarak.

“Kita sudah harus beradaptasi dengan protokol kesehatan supaya terhindar dari penularan Covid-19. Jangan kita menambah angka penderita Covid-19 lagi di Mimika, melainkan kita ada untuk menjaga keluarga dan menjaga Mimika serta Papua dari wabah Covid-19,” imbuhnya.

Penulis/Editor : Linda B Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.