BNN Rayakan HANI 2020 Secara Virtual Bersama Wapres

0
16
Foto: Rina/TimeX PESERTA - Peserta saat mengikuti peringatan HANI 2020 secara virtual dipimpin Ma'ruf Amin, Wakil Presiden RI di Aula Bobaigo Keuskupan Timika, Jumat (26/6).

TIMIKA,TimeX

Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020, BNN Kabupaten Mimika merayakan puncaknya bersama Ma’ruf Amin Wakil Presiden (Wapres) RI secara virtual serentak di seluruh Indonesia bertempat di Gedung Bobaigo Keuskupan Timika pada Jumat (26/6).

Foto: Rina/TimeX
PESERTA – Peserta saat mengikuti peringatan HANI 2020 secara virtual dipimpin Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI di Aula Bobaigo Keuskupan Timika, Jumat (26/6).

BACA JUGA : Usaha Hotel-Restoran Lesu Selama Covid-19, Pemkab Jangan Pilih Kasih Pakai Hotel untuk Kegiatan

Turut hadir Kompol Mursaling, Kepala BNN Mimika, Marthen Paiding Pjs Sekda Mimika serta tamu undangan lainnya.

Peringatan HANI 2020 mengusung tema ‘Hidup 100 Persen di Era New Normal, Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba’.

Marthen Paiding, Pjs Sekda Mimika dalam sambutan mewakili Bupati Mimika mengatakan penyalahgunaan narkoba merupakan kejahatan serius, terorganisir dan bersifat lintas negara yang dapat menimpa seluruh lapisan masyarakat, sehingga menimbulkan kerugian yang sangat besar terutama dari segi kesehatan, sosial, ekonomi dan keamanan.

Saat ini ujarnya, Indonesia sedang gempar-gemparnya memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Namun disaat yang sama usaha tersebut tidak menyurutkan para pengedar untuk tetap mengedarkan narkoba kepada generasi milenial bangsa Indonesia yang merupakan penerus pembangunan dan penerus bangsa.

BACA JUGA : BNN Bagikan 400 Masker untuk Masyarakat

“Melalui tema HANI ini, kita memaknai Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) sebagai momentum untuk kembali hidup sehat 100% dengan dimensi sadar, sehat dan bahagia di tengah-tengah wabah pandemi covid-19,” pesannya.

Menurutnya, dengan semangat HANI 2020 sebagai langkah membangun solidaritas untuk menjaga seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Kabupaten Mimika agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

“Untuk itu, saya mengajak kita untuk bersama-sama terus menyuarakan bahaya narkoba sehingga penyalahgunaannya dan pengedarannya dapat dihentikan,” ujarnya.

Kompol Mursaling, Kepala BNN Mimika mengatakan penyalahgunaan narkotika di Indonesia setahun terakhir sebesar 1,80% atau setara dengan 3.419.188 orang. Sedangkan angka prevalensi penyalahgunaan narkotika sekali pakai seumur hidup tahun 2011 sebanyak 2,4% atau setara dengan 4.530.000 orang.

“Dengan demikian kita dapat menyampaikan sekitar 1 juta jiwa penduduk Indonesia. Kami juga sampaikan bahwa berdirinya BNN Kabupaten Mimika atas dasar permintaan atau nota kesepahaman dengan Badan Narkotika Nasional tahun 2015 yang mana di awal tahun 2016 operasional BNN Mimika mulai berjalan sampai dengan sekarang,” katanya.

Adapun tugas dan fungsinya terdapat tiga pilar yakni, seksi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat dengan melakukan sebaran informasi terhadap seluruh elemen masyarakat sebanyak 90.615 orang dalam bentuk tatap muka, sosialisasi dan edukasi.

Kemudian, melakukan deteksi dini atau pemeriksaan urine sebanyak 720 orang, kerja sama dengan relawan atau penggiat anti narkoba sebanyak 77 orang.

Sementara untuk seksi rehabilitasi melakukan asesmen medis bagi pecandu narkoba 56 orang, melakukan TAT bagi penyalahgunaan narkotika sebanyak 16 orang dan melayani masyarakat dengan surat keterangan hasil pemeriksaan (SKHPN) sebanyak 4.993 orang.

“Terakhir adalah Seksi Pemberantasan yaitu melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap TP narkotika dengan proses hukum 17 kasus, barang bukti sabu yang disita dan telah dimusnahkan 180 gram, ganja yang disita dan telah dimusnahkan sebanyak 80 gram ganja sintetis yang disita dan telah dimusnahkan sebanyak 108 gram,” jelasnya.

Untuk ganja sintetis ini mulai marak sejak tiga bulan terakhir yang untuk pemakainya lebih kepada pelajar.

Penulis : Rina Hutapea

Editor : Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.