Disperindag Mendata Persediaan Bapokting di Distributor-Agen

0
23
Foto: Ist./TimeX PENDATAAN – Pegawai Disperindag lakukan pendataan barang di toko-toko yang memasarkan produk sembako dari distributor, Jumat (26/6).

TIMIKA,TimeX

Pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika terus melakukan upaya antisipasi untuk menjaga stabilitas harga, dengan mendata persediaan Bahan Pokok Kebutuhan Penting (Bapokting) sebagai antisipasi disaat penerapan tanggap darurat menuju kehidupan baru, dengan mendatangi para distributor dan agen Bapokting untuk mendaftarkan jumlah stok beserta lokasi gudangnya pada Jumat (26/6).

Foto: Ist./TimeX
PENDATAAN – Pegawai Disperindag lakukan pendataan barang di toko-toko yang memasarkan produk sembako dari distributor, Jumat (26/6).

BACA JUGA : BNN Rayakan HANI 2020 Secara Virtual Bersama Wapres

Dalam pengawasan dan pendataan stok Bapokting dengan mendatangi distributor di Distrik Wania dipimpin Inosensius Yoga Pribadi, Sekretaris Disperindag sekaligus memantau kondisi gudang distributor.

BACA JUGA : Komisi A dan Kapolres Bahas Milo, Anak Aibon, Pencurian dan Dana COVID-19

Di samping stok dan harga pada komoditas pokok yang stabil untuk Mimika, pada pemantauan memastikan implementasi Harga Eceran Tertinggi (HET) komoditas gula, minyak goreng dan beras yang sudah ditetapkan.

“Kami meninjau gudang distributor dan agen yang mengambil barang langsung ke distributor. Serta melihat stok untuk gula dan minyak goreng aman. Harga sudah sesuai dengan HET yang ditetapkan. Saya menyampaikan terima kasih kepada para distributor yang memenuhi komitmen mereka,” kata Inosensius kepada Timika eXpress saat itu.

Dijelaskan, peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah ini bertujuan untuk mengidentifikasi ketersediaan stok dan harga bahan pokok dan penting, baik di tingkat distributor maupun di tingkat agen.

Menurut Inosensius, sebelumnya di Kabupaten Mimika selama pandemi ini belum ada pendataan untuk mengetahui jumlah bahan pokok dan penting di tingkat distributor beserta lokasi stoknya. Langkah ini adalah yang pertama melakukan pendataan bertujuan agar pemerintah dapat lebih mudah mengontrol stabilitas harga pasar.

“Kalau pasokan terjaga dan semua bisa diatur, harga meskipun nanti naik, tapi kenaikannya bisa lebih terjaga,” ujarnya.

Penulis : Allo Lebuan

Editor : Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.