15 OTG Terkonfirmasi Positif Covid-11

0
30
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama stakeholder terkait lainnya, dalam perpanjangan masa tanggap darurat telah menetapkan adaptasi kehidupan baru sejak 19 Juni 2020 lalu hingga 2 Juli mendatang.
Reynold Ubra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika

TIMIKA, TimeX

Penambahan kasus positif masih terjadi. Setidaknya ada 15 kasus positif Covid-19 terkonfirmasi real time PCR adalah sebelumnya berstatus sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berasal dari Rumah Sakit Tembagapura.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama stakeholder terkait lainnya, dalam perpanjangan masa tanggap darurat telah menetapkan adaptasi kehidupan baru sejak 19 Juni 2020 lalu hingga 2 Juli mendatang.
Reynold Ubra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika

BACA JUGA : OKIA Ancam Tutup Sentra Pemerintahan

Dimana 1 kasus merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya, sementara 10 kasus merupakan karyawan yang hendak melakukan perjalanan ke luar daerah dan 4 kasus lainnya adalah para karyawan dari Timika yang akan kembali bekerja di wilayah Tembagapura.

Dengan adanya penambahan 15 terkonfirmasi positif, maka kumulatif pasien Covid-19 kini mencapai 389 orang.

BACA JUGA : Lima Tenaga Medis di RSUD Mimika Terpapar Covid-19

Dari 389 positif, sebanyak 75 kasus masih ditangani, masing-masing, 37 orang sedang dirawat oleh tim medis RSUD Mimika dan 38 di RS Tembagapura.

15 positif Covid-19 ini sebelumnya dilakukan tes cepat anti body dan dinyatakan positif yang mana dilanjutkan tes real time PCR, dan ternyata 15 orang ini dinyatakan positif.

BACA JUGA : Seorang Karyawati Ditemukan Gantung Diri di Kosannya

Reynold Ubra, Jubir TGTPP Mimika melalui Video Conference bersama tim pers, Minggu (28/6) menjelaskan, dari 84 spesimen yang diperiksa di Klinik Kuala Kencana milik Freeport ditemukan 15 positif.

Meski ada penambahan kasus positif, namun dalam 24 jam tidak dilaporkan pasien yang meninggal sehingga kumulatifnya masih tetap 6 orang.

BACA JUGA : 2025, Distanbun Target 3000 Hektar Kebun Kelapa Dalam

Juga tidak ada penambahan PDP. Sementara jumlah PDP yang saat ini masih dirawat dan diisolasi sebanyak 14 pasien, masing-masing di RSMM 4 PDP dan 5 PDP di RS Tembagapura.

“Tidak ada penambahan juga pada jumlah ODP baru. Namun kita bersyukur bahwa hari ini 8 ODP dinyatakan sehat dan selesai dalam masa pemantauan. Dan ODP yang masih diisolasi dan dirawat di RSMM 1 orang,” katanya.

Secara kumulatif jumlah ODP yang masih dalam pemantauan adalah 547 orang, sedangkan OTG sebanyak 1245 orang dan masih dalam pemantauan.

Ini setelah ditetapkan 23 OTG baru yakni RS Tembagapura 13 orang, Puskesmas
Pasar Sentral 6 orang dan dari hasil penjaringan kasus orang yang diduga Covid-19 oleh tim epidemologi di pos-pos saat pelaksanaan PSDD masa adaptasi hidup baru ada 4 orang.

“Dari jumlah ODP dan OTG, kami akan melakukan verifikasi dalam minggu ini untuk melihat berapa banyak OTG yang masih aktif dalam pemantauan, karena hampir sebagian besar dari jumlah ini sudah dinyatakan sembuh atau selesai dalam masa pemantauan,” ujarnya.

Penulis : Echie Mnsen

Editor : Linda B Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.