Disdukcapil Verifikasi Dokumen Pribadi Milik Anggota Polres Mimika

0
28
Foto : Rina/TimeX PANTAU - Kapolres dan Kepala Disdukcapil saat memantau proses perekaman E-KTP di Mako Polres Mimika, Sabtu (27/6).

TIMIKA, TimeX

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika
melakukan verifikasi terhadap sejumlah dokumen pribadi milik anggota Polres Mimika dan keluarganya. Selain itu, pihak Disdukcapil Mimika juga menerbitkan ratusan surat penting seperti E-KTP, surat pindah keluar, surat pindah masuk, Kartu Identitas Anak (KIA), kartu keluarga, akta kelahiran dan akta kematian.

Foto : Rina/TimeX
PANTAU – Kapolres dan Kepala Disdukcapil saat memantau proses perekaman E-KTP di Mako Polres Mimika, Sabtu (27/6).

BACA JUGA : Satgas 754 Kostrad – Warga Tsinga Pererat Persaudaraan

BACA JUGA : OKIA Ancam Tutup Sentra Pemerintahan

Penerbitan dokumen penting tersebut merupakan kegiatan bhakti sosial yang digelar Kepolisian Resor Mimika dan Disdukcapil Kabupaten Mimika dalam menyambut HUT Bhayangkara ke- 74 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2020.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Mako Polres Mimika, Jalan Agimuga Mile 32, Sabtu (27/6), lalu itu, mengusung tema ‘Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif’ ini, pihak Disdukcapil menerbitkan Kartu Keluarga, surat pindah Penduduk, perekaman KTP, pencetakan KTP, Akte Kelahiran, kematian dan KIA (Kartu Identitas Anak) milik anggota Polres Mimika.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika, Kompol I Nyoman Punia S. Sos, Waka Polres Mimika, AKP Andyka Aer, Kabag Ops Polres Mimika dan jajaran Polres Mimika serta Slamet Sutejo selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mimika beserta para pegawai.

Kapolres Mimika mengatakan dalam rangka menyambut HUT Bhayangakara ke 74, maka Polres Mimika melibatkan Disdukcapil dengan membuka pelayanan publik dalam kepengurusan berkas-berkas bagi keluarga dan personil Polri. Yang mana hal ini sangat penting khususnya terkait keamanan di Kabupaten Mimika kedepannya.

“Untuk masalah KTP bisa sangat signifikan, yang mana jika kita hendak melakukan pengurusan surat-surat hal ini bisa menghindari terjadinya konflik-konflik di Mimika,”kata Era kepada wartawan disela-sela baksos di Mako Polres Mimika, Sabtu (27/6).

Kata Era, banyak juga masyarakat yang tidak terdata secara benar yang mana dalam jangka panjang kedepan dalam menuju adaptasi hidup baru ini tentunya akan banyak penggunaan sistem berbasis online dalam pelayanan masyarakat baik dalam pemerintahan dan perekonomian yang mana diperlukan E-KTP.

“Diharapkan bukan hari ini saja, namun untuk kedepan kiranya semua masyarakat bisa memiliki E – KTP,”tuturnya.

Lanjut dia, pihaknya telah melakukan kegiatan Bakti Sosial ini, diharapkan ke depan situasi keamanan di Kabupaten Mimika tetap terus kondusif dan masyarakat bisa produktif.

Sedangkan Slamet Sutejo selaku Kepala Disdukcapil Mimika mengatakan dengan adanya pelayanan ini bisa membantu personil Polri dalam kepengurusan berkas-berkas atau dokumen mereka. Sebab, personil Polri sering melakukan tugas di luar daerah sehingga tidak ada waktu untuk mengurus dokumen atai identitas penting lainnya.

“Kegiatan ini merupakan suatu program pemerintah yaitu Jempol Administrasi yang sudah kami mencoba membuka pelayanan di Polres Mimika. Jika semua berjalan lancar maka akan turun di masyarakat dengan membuka loket-loket pelayanan di setiap distrik atau kelurahan,” kata dia.

Ia menambahkan, pelayanan kepengurusan berkas masih berlangsung dengan aman dan nyaman serta hasil yang dicapai adalah perekaman E-KTP sebanyak 15 lembar, cetak KTP-El sebanyak 75 lembar, pindah keluar sebanyak 26 lembar, pindah masuk sebanyak 22 lembar, Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 113 lembar, pengurusan KK sebanyak 99 lembar, akta kelahiran sebanyak 139 lembar dan akta kematian sebanyak 1 orang.

Penulis : Rina Hutapea

Editor : Romy Heatubun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.