Karyawan Freeport Mulai Rotasi, Waktu Cuti Lebih Panjang

0
41
Foto: Dok./TimeX Kerry Yarangga

TIMIKA,TimeX

PT Freeport Indonesia mulai memberlakukan kebijakan rotasi karyawan, yang selama ini bekerja selama masa pandemi Covid-19 dengan karyawan berada di luar lingkungan kerja. Freeport pun memberikan waktu cuti yang lebih panjang bagi karyawan yang akan turun dari Tembagapura, baik yang menjalani cuti di Timika maupun di daerah asalnya.

Foto: Dok./TimeX
Kerry Yarangga

BACA JUGA : OKIA Ancam Tutup Sentra Pemerintahan

Hal ini disampaikan Kerry Yarangga, Manager External Corporate Communications PT Freeport Indonesia melalui rilisnya, Minggu, (28/6)

Kebijakan rotasi bagi pekerja lingkup PT Freeport diambil semata-mata untuk mengurangi kepadatan di area perusahaan selama masa pandemi Covid-19.

Rotasi kerja adalah bagian dari pengaturan schedule kerja di masa adaptasi perilaku hidup baru dalam menghadapi Covid-19.

Rotasi kerja ini untuk mengatur kesempatan karyawan dapat mengambil cuti kerja, setelah kurang lebih 3 bulan bekerja.

Setiap karyawan yang diikutkan dalam rotasi kerja sudah melewati rapid test dan swab test dan dipastikan bebas dari Covid-19 sebagaimana upaya pengendalian yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Kerry mengatakan, hingga kini lebih dari 100 pekerja telah diikutkan dalam rotasi kerja yang dimulai pada 27 Juni 2020 kemarin dan rotasi kerja akan terus berlanjut.

Diharapkan dengan rotasi ini disatu sisi capaian kinerja setiap devisi kerja di PTFI dapat tercapai secara maksimal, aman dan berkelanjutan juga mengurangi kepadatan populasi karyawan di tempat kerja.

Kebijakan rotasi kerja dan waktu cuti yang lebih lama bagi karyawan tersebut, tidak akan mengurangi hak-hak para karyawan sebagaimana yang tertuang dalam Surat Kesepakatan Kerja Bersama yang ditandatangani sebelumnya.

Sementara waktu cuti lebih lama yakni lebih dari 21 hari atau 4 minggu karena mempertimbangkan protokol pengendalian dan penanganan Covid-19.

Penunlis : Echie Mnsen

Editor : Linda B Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.