Dinas Perikanan Bangun Pasar Ikan Khusus OAP

0
45
Foto: Echie/ TimeX Lentje Siwabessy

TIMIKA,TimeX

Mendukung ekonomi masyarakat lokal, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perikanan pada tahun 2020 bangun pasar ikan khusus untuk mama-mama Orang Asli Papua (OAP) di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako. Alokasi dana bersumber dari APBD Kabupaten Mimika.

Foto: Echie/ TimeX
Lentje Siwabessy

BACA JUGA : Tiga Proyek Bina Marga Dipangkas

Hal tersebut disampaikan Lentje Siwabessy, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika di ruang kerjanya, Senin (29/6).

Ia mengatakan dibangunnya pasar ikan khusus mama Papua ini sebagai langkah bijak dari Eltinus Omaleng, Bupati Mimika dalam upaya memberikan tempat yang layak bagi mereka sekaligus mendukung ekonomi masyarakat lokal.

“Kita bersyukur bahwa bupati mengalokasikan anggaran tahun ini untuk membangun pasar ikan bagi mama-mama Papua di PPI Pomako bersumber dari APBD 2020,” ungkap Leetje.

Pasar ikan yang dibangun itu jelasnya, untuk menjual hasil tangkapan laut seperti kepiting, udang dan hasil tangkapan lainnya. Karena selama ini sebagian dari mama-mama Papua menjual hasil tangkapnya di Pelabuhan Pomako, Pasar SP 1 bahkan mereka berjualan dekat lokasi rumah mereka.

Meski ia tidak menyebut besaran dana dan luas lahan pembangunan pasar ini sedang dikerjakan oleh pihak ke-3.

“Karena dalam situasi pandemi Covid-19 maka pihak ketiga sedang mengerjakan besi-besinya dan jika sudah selesai tinggal diangkut dan dikerjakan,” katanya.

Pasar ikan mama-mama Papua ini akan dilengkapi kran air dan pagar penutup sehingga setelah berjualan pukul 18.00 WIT akan kembali ditutup supaya pasar ini diharapkan tetap bersih, terjaga dan terawat baik.

Penulis : Echie Mnsen

Editor : Antonisu Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.