RT yang Selewengkan Bansos Honornya Tidak Dibayar

0
32
Foto: Echie Mnsen/TimeX Everth Hindom

“Kami juga akan memantau langsung kinerja dari setiap RT. Sementara ketua-ketua RT yang terlibat penyelewengan bansos tidak akan dibayarkan”

TIMIKA,TimeX

Everth Hindom, Plt. Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Mimika menegaskan ketua RT yang terlibat dalam penyelewengan bantuan sosial (Bansos) pandemi Covid-19 honornya tidak akan dibayarkan oleh pemerintah.

Foto: Echie Mnsen/TimeX
Everth Hindom

BACA JUGA : Kodim dan P3AP2-KB Gaungkan Gerakan Sejuta Akseptor untuk PUS

BACA JUGA : Validasi Data Penerima BLT Butuh Peran RT

“Kami juga akan memantau langsung kinerja dari setiap RT. Sementara ketua-ketua RT yang terlibat penyelewengan bansos tidak akan dibayarkan,” ujar Everth usai pertemuan bersama lurah wilayah Kota Timika di ruang kerjanya, Senin (29/6).

Kesempatan itu Everth juga membenarkan honor 334 ketua RT di 19 kelurahan wilayah Kota Timika untuk triwulan kedua belum dibayar. Saat ini sedang diproses oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika. Pembayaran triwulan kedua yang diterima Rp600.000.

Everth menyampaikan perhatian pemerintah dalam hal ini bupati akan segera proses pembayaran honor ketua RT, namun tetap mengikuti aturan yang ada, yakni menunggu proses dari keuangan.

“Saat ini masih proses di Bagian Keuangan. Jika sudah, saya pasti segera perintahkan kepala-kepala kelurahan untuk memprosesnya,” katanya.

Ia juga tegaskan, yang jelas honor RT akan dibayar oleh pemerintah daerah. Jika ketersediaan anggaran siap pasti akan dibayarkan.

“Yang jelas kami masih menunggu petunjuk dari BPKAD untuk proses pembayarannya,” katanya.

Everth yang kini menjabat Lurah Kuala Kencana ini menegaskan bahwa honor tersebut akan dibayarkan kepada ketua-ketua RT yang selama ini bekerja.

“Kami bayar bagi yang bekerja, namun penilaian ini wewenang kepala lurahan,” katanya.
Hingga kini, ia juga belum menerima ada laporan berapa jumlah RT yang tidak menjalankan tugasnya, namun dirinya tetap mendengar laporan dari lurah.

Penulis : Echie Mnsen

Editor : Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.