Wabup John Rettob Jenguk Bupati Pertama Mimika

0
26
Titus Octovianus Potereyauw, mantan Bupati Mimika pertama, seolah mendapat energi tambahan di tengah berjuang atas komplikasi sakit yang dideritanya, ketika dijenguk oleh Johannes Rettob, Wakil Bupati Mimika pada ahad lalu.
FOTO ISTIMEWA JENGUK- Wabup Johannes Rettob saat menjenguk Titus Potereyauw mantan Bupati Mimika pertama yang kini terbaring sakit.

                                                 TIMIKA, TimeX

Titus Octovianus Potereyauw, mantan Bupati Mimika pertama, seolah mendapat energi tambahan di tengah berjuang atas komplikasi sakit yang dideritanya, ketika dijenguk oleh Johannes Rettob, Wakil Bupati Mimika pada ahad lalu.
FOTO ISTIMEWA
JENGUK- Wabup Johannes Rettob saat menjenguk Titus Potereyauw mantan Bupati Mimika pertama yang kini terbaring sakit.

Titus Octovianus Potereyauw, mantan Bupati Mimika pertama, seolah mendapat energi tambahan di tengah berjuang atas komplikasi sakit yang dideritanya, ketika dijenguk oleh Johannes Rettob, Wakil Bupati Mimika pada ahad lalu.

Saat mendatangi kediaman Titus Octovianus Potereyauw di Kelurahan Karang Senang SP III, , Johannes Rettob disambut Ny. Florida Kaise Potereyauw, istri T.O Potereyauw bersama putarnya dan dua orang cucu.

Kunjungan itu dilakukan setelah menerima kabar bahwa Titus Octovianus Potereyauw baru saja kembali dari Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) pada Senin (22/6) lalu usai menjalani perawatan medis karena sakit diabates.

“Saya ingin lihat langsung kondisi Bapak Titus, karena beliau yang meminta saya kembali mengabdi sebagai putera daerah Mimika,” ujar John Rettob kerap ia disapa kepada media ini usai kunjungannya.

Kurang lebih satu jam, Wabup John menemui T.O Potereyauw yang hanya terbaring diatas tempat tidur kamar keluarga.

Ny. Florida dalam kesempatan itu pun menyampaikan kondisi kesehatan sang suami kepada Wabup John.

“Sore ini bapak hanya tidur saja. Mau bilang tidak sadar tapi masih gerak. Kita bicara tapi tidak respon. Buka mata juga hanya sebentar terus tidur lagi.  Sejak keluar rumah sakit, kondisi bapak hanya begini, dan hanya makan bubur,” ungkap Ny. Florida Potereyauw kepada Wabup John.

Ia menambahkan, dalam beberapa waktu terkahir, bapak (T.O Potereyauw) sudah dua kali masuk keluar RSMM.

Januari lalu T.O Potereyauw jalani pemeriksaan di Klinik Kuala Kencana dengan diagnosa riwayat gula darah, kolesterol dan asam urat.

Menyusul Senin pekan lalu kembali berobat di RSMM, dan hasil pemeriksaan menyatakan T.O Potereyauw sakit diabetes.

Meski mengidap komplikasi penyakit, T.O Potereyauw lebih memilih pulang dan menjalani perawatan di rumah.

“Ini yang saya sendiri tidak mengerti, karena kondisi

bapak belum baik tapi sudah di minta pulang. Apa yang dokter bilang kami ikut saja yang penting terbaik untuk bapak,” ungkap Ny. Florida Potereyauw.

Kepada Wabup John, Ny. Florida Potereyauw juga menjelaskan pembiayaan waktu pertama T.O Potereyauw masuk rumah sakit dengan biayai sendiri, dan belakangan diganti LPMAK.

“Waktu berobat kedua semua biayanya ditanggung sepenuhnya oleh LPMAK (kini YPMAK),” ujarnya.

Ny. Florida Potereyauw pun menambahkan, sejak pertama T.O Potereyauw masuk rumah sait, belum ada satupun pegawai atau pejabat Pemkab Mimika yang besuk.

“Harapan kami keluarga mungkin pemerintah bisa bantu bapak,” ungkapnya.

Secara terpisah kepada wartawan, Johannes Rettob mengatakan, kunjungan ini adalah yang pertama kalinya setelah dilantik sebagai Wakil Bupati Mimika berpasangan dengan Eltinus Omaleng Bupati Mimika.

“Saya bertemu Bapak Titus dan Mama Florida itu waktu acara syukuran pelantikan dan doa keluarga di kediaman saja di Jalan Hasanuddin September 2019 lalu. Setelah sekian lama, saya baru datang lagi lihat bapak. Saya tahu dan selalu cek perkembangan kesehatan bapak dari anak Robi. Dia beberapa kali datang ke rumah juga informasikan kondisi bapak,” ujar mantan Kadishub Mimika.

Orang nomor dua di Mimika menambahkan, kunjungannya bukan hanya mewakili pemerintah namun sebagai keluarga.

“Waktu saya temui Bapak Titus dan ajak bicara tapi tidak banyak respon. Bapak Titus hanya gengam erat tangan saya,” terang Wabup John.

Ia pun berkisah, saat menjabat Bupati Mimika, Titus Potereyauw mengajaknya untuk kembali dan membangun Mimika karena sebagai putera daerah.

“Waktu itu saya masih bekerja sebagai pegawai Kementerian Perhubungan di Jakarta. Jadi saya tiba di Timika karena Bapak Titus ke Jakarta dan minta saya kembali untuk bantu beliau di Dinas Perhubungan. Waktu itu dilema, tapi karena tanggugjawab moril dan keluarga, tentu bagian dari tanggungjawab sehingga saya ke Timika dan mengabdi sampai saat ini,” ungkapnya.

Dikatakan pula, mengenai kondisi sakit yang diderita Titus Poterweyau, ini telah disampaikan Wabup John kepada Bupati Eltinus Omaleng dan Marthen Paiding selaku Penjabat Sekda Mimika, menyusul akan dibahas rencana pengobatan dan perawatan medis.

“Kita harus beri penghargaan dan hormati jasa Titus Potereyauw karena beliau bupati pertama dan perintis yang meletakan dasar membangun Mimika. Setiap orang yang berjasa untuk

daerah ini harus kita perhatikan, dan tetap jaga hubungan silahturahmi,” tambahnya. (tim)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.