Delapan Perwira Pratama Polres Mimika Disertijab

0
32
Foto: Rina/TimeX PIMPIN - AKBP I Gusti Gde Era Adhinta, Kapolres Mimika saat memimpin upacara Sertijab di Mapolres Mimika Mile 32, Selasa (30/6).

TIMIKA,TimeX

Gerbong mutasi jabatan di lingkup Polres Mimika kembali terjadi pada Selasa (30/6).
Dipimpin AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika, prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) delapan Perwira Pratama (Pama) Polres Mimika dilangsungkan di Mapolres Mimika Jalan Agimuga Nomor 5, Mile 32.

Foto: Rina/TimeX
PIMPIN – AKBP I Gusti Gde Era Adhinta, Kapolres Mimika saat memimpin upacara Sertijab di Mapolres Mimika Mile 32, Selasa (30/6).

BACA JUGA : 36 Anggota Polres Mimika Naik Pangkat

Jalannya Sertijab di tengah pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Prosesi Sertijab mendasari Surat Keputusan (SK) Kapolda Papua Nomor: Kep/261/VI/2020 tanggal 13 Juni 2020, tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan dilingkup Polda Papua.

Sertijab diikuti dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh pejabat lama dan pejabat baru.
Delapan jabatan Polres Mimika yang disertijab, yaitu Kabag OPS, Kasat Reskrim, Kasatres Narkoba, Kasatlantas, Kapolsek Kuala Kencana, Kapolsek Tembagapura, Kapolsek Mimika Barat Jauh dan Kapolsek Bandara.

BACA JUGA : Maknai HUT Bhayangkara ke 74, Kapolres Tabur Bunga di Pelabuhan Pomako

AKP Andyka Aer yang menjabat Kabag Ops Polres Mimika diganti oleh AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan SIK yang sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Polres Nabire.

BACA JUGA : Letkol Inf. Edy Widyanto Jabat Danbrigif 20/3 Kostrad

AKP Andyka Aer selanjutnya menjabat Kasi Intel Subditgakkum Ditpolair Polda Papua.

AKP M. Buhanuddin Yusuf Hanafiah dari jabatan Kasat Reskrim Polres Mimika digantikan oleh AKP Hermanto yang sebelumnya menjabat Kapolsek Tembagapura.

AKP M. Buhanuddin Yusuf Hanafiah dimutasi dalam jabatan baru sebagai Kanit 1 Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Papua.

Selain itu, Iptu Sugarda dimutasi dari jabatan Kasat Resnarkoba Polres Mimika menjadi Pejabat Sementara (PS) Kanit 1 Sipammat Subditgasum Dit Samapta Polda Papua.
Jabatan Kasat Resnarkoba ditempati AKP Mansur yang sebelumnya adalah Kasubag Progar Bagian Perencanaan Polres Mimika.

Jabatan Kasatlantas Polres Mimika dari AKP Vicky Pandu Widhapermana diserahterimakan kepada
Iptu Devrizal yang sebelumnya menjabat Kasat Lantas Polres Yahukimo.

AKP Vicky Pandu Widhapermana menempati posisi jabat Kasat Lantas Polres Jayapura Kota.

Kemudian Iptu Yulius Harikatang dari jabatan Kapolsek Kuala Kencana menempati posisi Kanit 1 Sitatib Subditgakkum Ditlantas Polda Papua.

Jabatan Kapolsek Kuala Kencana ditempati Iptu Yakobus Sera Ayatanoi yang sebelumnya adalah Kaur Bin Opsnal Sat Samapta Polres Mimika.

Adapun jabatan Kapolsek Tembagapura kini ditempati Ipda Eduardus Edison menggantikan AKP Hermanto.

Selanjutnya jabatan Kapolsek Bandara Mozes Kilangin Timika dari Ipda Eduardus Edison pejabat sebelumnya, diserahterimakan kepada Ipda Andi Batilu yang sebelumnya menjabat Ka. SPKT Polres Mimika.

Menyusul Ipda Sondy Eduard Otnel Tahapary dari jabatan Kapolsek Mimika Barat Jauh, kini dipercaya sebagai Waka Polsek Mimika Timur.

Dan Iptu Louis Maryen yang sebelumnya menjabat Waka Polsek Mimika Timur dimutasi dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Mimika Barat Jauh.

AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika dalam sambutan mengatakan Sertijab merupakan hal yang wajar di lingkungan Polri.

“Ini dalam rangka optimalisasi dan profesionalisme organisasi Polri yang menjadi kebijakan pimpinan guna terwujud dan pencapaian tugas serta penyegaran organisasi. Selain itu, memberikan peluang dan kesempatan yang merata kepada seluruh personil Polri serta memotivasi personil dalam berkarya dan mengembangkan potensi diri melalui pengabdian jabatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Polres Mimika juga menyampaikan terima kasih kepada pejabat lama yang telah bekerja keras dan selalu mengutamakan kepentingan dinas daripada kepentingan pribadi maupun keluarga.

“Kepada pejabat baru, rata-rata semuanya sudah pernah dinas di sini, saya ucapkan selamat atas promosi jabatan tugas saudara yang baru. Diharapkan tugas yang diberikan untuk melaksanakan tour of dutty atau tour of area, yang mana semua pejabat harus mampu mengatasi kendala dan permasalahan yang ada dan terjadi,” serunya.

Kapolres juga mengingatkan, pimpinan hebat karena anak buah hebat. Pimpinan bisa kerja hebat karena anak buah hebat.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri, kita juga harus melihat satuan-satuan kerja yang lain,” pesannya.

Pasalnya, jabatan hanyalah sebuah amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, jadi tidak abadi dan kekal dan hanya bersifat sementara.

“Karena jabatan itu amanah dari Tuhan, maka harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, tulus iklas dan penuh rasa tanggung jawab dengan menjunjung kode etik Polri yang meliputi etika kepribadian, kelembagaan, kenegaraan dan etika hubungan dengan masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Adhinata juga menekankan kepada semua anggota Polres Mimika, khusus kepada seluruh perwira agar bisa memberikan contoh dan teladan dalam bertindak di lapangan.

Ia menambahkan, dalam menghadapi tantangan tugas ke depan, seluruh anggota diharap meningkatkan kepedulian untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat demi terciptanya Kamtibmas di bumi Amungsa.

Penulis : Rina Hutapea

Editor : Maurtis Sadipun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.