Disnak-Keswan Didorong Bina Peternak OAP Hingga Mandiri

0
31
Foto: Ist./TimeX FOTO BERSAMA – Anggota Komisi B DPRD Mimika foto bersama Yosefin Sampelino, Kepala Disnak-Keswan didampingi stafnya usai Kunker di teras Kantor Disnak-Keswan di Jalan Poros SP 2, Selasa (30/6)

TIMIKA,TimeX

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak-Keswan) Kabupaten Mimika didorong terus memberikan pembinaan kepada peternak Orang Asli Papua (OAP) agar hingga bisa mandiri menjadi peternak andalan Mimika.

Foto: Ist./TimeX
FOTO BERSAMA – Anggota Komisi B DPRD Mimika foto bersama Yosefin Sampelino, Kepala Disnak-Keswan didampingi stafnya usai Kunker di teras Kantor Disnak-Keswan di Jalan Poros SP 2, Selasa (30/6)

BACA JUGA : Poltekkes Kampus Mimika Tingkatkan Mutu Pendidikan

BACA JUGA : Disnak-Keswan dan HIPUKAMI Buka Posko Penjualan Telur

Pendampingan itu terkait teknik beternak yang baik kepada peternak putra daerah. Disamping juga membantu penyediaan bibit hewan dan pakan ternak.

Hal ini disampaikan oleh Rizal Pata’dan, Ketua Komisi B DPRD Mimika usai Kunjungan Kerja (Kunker) di Disnak-Keswan di SP 2 saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/6).
Rizal berpendapat keberhasilan program dinas ini akan membantu baik secara ekonomi warga maupun ketahanan pangan daerah Mimika.

BACA JUGA : Hj. Peggi Gelar Peringatan Tahun Baru Islam dan Peresmian Gedung Fi Zalika

Dalam Kunker anggota Komisi B ujarnya, anggota Komisi B meminta agar pengawasan terhadap hewan ternak harus diperketat juga kesehatannya harus terjamin, karena jika tidak demikian maka dapat mendatangkan penyakit ke Mimika.

“Kalau anak ayam yang didatangkan itu memang sudah jelas kesehatannya karena dalam pengiriman itu telah ada surat keterangan kesehatan karantina hewan tersebut,” ujar Rizal.
Rizal juga mengapresiasi kinerja Kepala Disnak-Keswan, karena telah menjalankan program dengan baik sehingga dapat mendatangkan PAD bagi Mimika sebesar Rp600 juta pada tahun 2019 lalu.

“Kunjungan kami ke Disnak-Keswan ini untuk menjalin silaturahmi karena Disnak-Keswan merupakan salah satu mitra bagi Komisi B, dan dari pemaparan Kepala Disnak-Keswan, kita sangat apresiasi sekali terhadap kinerjanya yang terstruktur dengan baik sehingga bisa menghasilkan PAD untuk Mimika,” jelas Rizal.

Tujuan dari Kunker ujarnya, guna melihat secara langsung program kerja yang diterapkan Disnak-Keswan.

“Kita ingin tahu apa saja yang sudah mereka kerjakan dan luar biasa. Dari kerja keras mereka, Mimika bisa menjadi penyuplai telur ke kabupaten lain. Artinya bahwa kita sudah surplus telur, itu karena sistem dalam peternakan sangat baik, peternak telur dibina dengan sangat baik hasilnyapun kini bisa kita nikmati,” pujinya.

Dalam Kunker ini dihadiri Anggota Komisi B yakni, Tanzil Azhari, Matius Yanengga, Ancelina Beanal, Nurman S. Karupukaro, Aloisius Paerong, Merry Pongutan, Anthon Palli, Herman Gafur dan Mathius Uwe Yanengga.

Penulis : Indriyani

Editor : Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.