KPU Mimika Adakan Pemutakhiran PDPb

0
34
Foto: Ist./TimeX Fidelis Piligame

TIMIKA,TimeX

Pasca pelaksanaan Pemilu 2019, Komisioner KPU Mimika terus adakan pemutakhiran data pemilih melalui program Pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan (PDPb).

Foto: Ist./TimeX
Fidelis Piligame

BACA JUGA : Elisabeth Rahawarin Masih Tunggu SK KPU RI

Kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini dilaksanakan sebagai amanah dari Pasal 20 UU Nomor 7/2017, Pasal 58 PKPU No. 11/2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum, serta Surat edaran KPU RI Nomor: 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 Tanggal 28 Februari 2020 tentang Pemutakhiran Data Berkelanjutan Tahun 2020.

BACA JUGA : Masyarakat Nawaripi Minta Pemkab Selesaikan Masalah Tanah

“Jadi, pasca Pemilu 2019, KPU Kabupaten/Kota yang bukan penyelenggara Pilkada terus melakukan pemutakhiran data berkelanjutan, dalam rangka menjaga, memelihara dan meng-update data pemilih. Sehingga pada saat tiba pemilihan atau Pemilu, sudah lebih akurat data pemilihnya,” jelas Fidelis Piligame, Koordinator SDM Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Mimika ketika dihubungi Timika eXpress, Senin (6/7).

Dikatakan Fidelis, dalam rangka pemutakhiran data pemilih ini, KPU Mimika telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi di antaranya Disdukcapil serta institusi TNI-Polri.

Koordinasi dengan Disdukcapil untuk mendapatkan data mutasi kependudukan, baik pindah masuk maupun pindah keluar, data penduduk yang memasuki usia 17, maupun yang menikah pasca pelaksanaan Pemilu 2019.

Hanya saja hingga saat ini pihaknya belum bisa memperoleh data tersebut dengan alasan, sesuai UU Nomor 23/2006 tentang administrasi kependudukan, data penduduk tidak boleh diberikan pihak lain.

Sementara koordinasi dengan Kodim 1710 Mimika dan Polres Mimika untuk mendapatkan data penduduk yang lulus TNI-Polri dan yang masuk usia pensiun pasca Pemilu 2019.

“Kami mengajak masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT dan juga baru berusia 17 atau ingin melakukan perubahan data dapat segera mengirimkan tanggapannya kepada KPU Mimika baik secara online maupun datang sendiri di kantor KPU. Hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan diplenokan setiap bulan pada akhir bulan berjalan,” ujarnya.

Dijelaskan Fidel, hingga periode Juni 2020, data pemilih di Kabupaten Mimika belum diplenokan.

“Untuk periode Mei 2020 data pemilih di Kabupaten Mimika sebanyak 231.854 pemilih dengan rincian laki-laki berjumlah 127.636 pemilih dan perempuan sebanyak 104.218 pemilih.

Penulis : Allo Lebuan

Editor : Antonius Djuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.