Petugas UPBU Belum Mendapat Informasi Awan Colombus

0
14

TIMIKA,TimeX

Meskipun akhir-akhir ini intensitas hujan mengguyur Kota Timika dan sekitar cukup tinggi ikut berdampak pada bencana alam seperti di Iwaka dan putusnya Jalan Trans Timika-Nabire setelah Kali Pindah-pindah meluap. Namun untuk moda transportasi penergabangan di Bandara Mozes Kilangin dari dan ke Timika tidak mengalami gangguan.

Foto: Indri/TimeX
Andi Nurwansyah

BACA JUGA : 20 Penumpang KM PSN 77 Negatif Rapid Test

Andi Nurwansyah, Kepala Cabang Pembantu Airnav Mimika kepada wartawan di UPBU Bandara Mozes Kilangin, Minggu (26/7) menjelaskan meski cuaca kurang baik, UPBU belum mendapatkan informasi dari pilot soal awan colombus. Jika ada awan colombus pastinya akan terdektesi terlebih dulu oleh BMKG dan visual penerbangan.

Namun, ia mengakui cuaca di bandara akhir-akhir ini pagi hujan terus itu sangat mengganggu sekali bagi penerbangan pesawat kecil.

Sedangkan pesawat besar ujarnya, kini difasilitasi dengan alat Instrument Landing System (ILS), sehingga jarak feasibility 100 kilo, jarak pandang, pilot tetap dapat landing seperti biasa meskipun cuaca tidak bersahabat.

“Tidak pernah hanya gara-gara cuaca, pesawat tidak bisa landing, sejauh ini biasa saja, karena kita miliki instrumen. Jadi, 1 kilopun kami masih bisa landing dari runway 12, sedangkan kalau runway 30 kita gunakan visual harus 4 kilo,” jelasnya.

Untuk pesawat kecil, seperti caravan cukup berbahaya, sehingga beberapa kali tidak dapat melakukan penerbangan.

“Kalau pesawat kecil memang berbahaya, jadi jika hujan terus maka harus di cansel penerbangannya,” pungkas Andi.

Penulis : Indri

Editor : Anton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.